Kajian hermeneutika teks pernyataan Andi Arief tentang tujuh kontainer surat suara tercoblos di twitter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Muhammad Ilham (2019) Kajian hermeneutika teks pernyataan Andi Arief tentang tujuh kontainer surat suara tercoblos di twitter. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ilham Fahmi_E91215037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengarah pada penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan induktif. Penelitian ini menggunakan perspektif teori hermeneutika Paul Ricoeur. Kajian hermeneutika merupakan kegiatan menafsirkan teks atau membaca makna teks. Rangkaian dari teori yang peneliti paparkan yaitu refleksi filosofis dan interpretasi, lingkaran percaya dan memahami, memahami dan menjelaskan, dan hermeneutika dan praktik kecurigaan. Hasil penelitian ini berjutuan untuk menghindari kesalahpahaman terhadap informasi yang didapat. Karena penyebaran informasi hoax kini mulai tersebar luas tanpa adanya pemahaman terhadap isi teks berita terlebih dahulu yang menyebabkan terjadi banyaknya informasi hoax yang tersebar. Melalui penelitian ini peneliti mengkaji teks pernyataan Andi Arief tentang tujuh kontainer surat suara tercoblos di twitter. Teks pernyataan tujuh kontainer surat suara tercoblos yang ditulis Andi Arief di media sosial akun twitternya mendapat respon banyak pihak yang menganggap bahwa tulisan Andi Arief adalah hoax atau informasi palsu. Berdasarkan hasil dari penelitian, teks hoax Andi Arief yang mengatakan bahwa ada tujuh kontainer surat suara yang sudah dicoblos di Pelabuhan Tanjung Priok. Berita tersebut Andi Arief dapatkan dari sebuah rekaman suara yang beredar di WhatsApp. Sehingga hasil dari analisis penelitian ini menghasilkan temuan: pemahaman terhadap teks pernyataan Andi Arief terdapat makna bahwa adanya unsur politik yang berada di dalam isi teks tersebut. Terdapat ketidakjelasan informasi yang diberikan sehingga muncul argumen-argumen yang menganggap bahwa berita tersebut adalah hoax. Karena data yang dihasilkan dari teks Andi Arief tidak jelas atau kurang valid sehingga teks tersebut berisi tentang isu terhadap keberadaan tujuh kontainer surat suara yang sudah tercoblos.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Muhammad IlhamFahmie105@gmail.comE91215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, HammisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRofhani, RofhaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Hermeneutika, Pernyataan Andi Arief, Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahmi Muhammad Ilham
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:11
Last Modified: 06 Aug 2019 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33512

Actions (login required)

View Item View Item