Peningkatan keterampilan berbicara materi Do You Have A Pet menggunakan Media Snake and Ladder Game Di Kelas IV B MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Khoirotun (2019) Peningkatan keterampilan berbicara materi Do You Have A Pet menggunakan Media Snake and Ladder Game Di Kelas IV B MI Wachid Hasjim Sedatigede Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoirotun Nisa'_D07215022.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya tingkat keterampilan berbicara materi do you have a pet saat wawancara dengan guru bahasa Inggris dan mengobservasi kegiatan pembelajaran. Guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dan pemberian penugasan yang hanya fokus pada ranah kognitif. Pembelajaran yang kurang menggunakan media variatif, sehingga peserta didik lebih cepat bosan. Peneliti berinisiatif melakukan variasi media pembelajaran yaitu media snake and ladder game. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan setiap siklusnya, diantaranya perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru dan peserta didik, pedoman wawancara serta rubrik penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan media snake and ladder game terlaksana secara meningkat, dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 85 (baik) meningkat pada siklus II sebesar 89,5 (baik), sedangkan hasil observasi pada siklus I dari aktivitas peserta didik adalah 87,5 (baik) mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,5 (sangat baik). 2) Keterampilan berbicara menggunakan media snake and ladder game mengalami peningkatan, terbukti dari hasil pra siklus hanya memperoleh 30,5% meningkat pada siklus I sebesar 63,8%, kemudian pada siklus II mencapai 83,3% atau 30 yang tuntas dari 36 peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Khoirotunaneezh.nisa@gmail.comD07215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBachtiyar, MachfudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Bahasa Inggris
Keterampilan
Keywords: Keterampilan Berbicara, Do You Have A Pet, Media, Snake and Ladder Game.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisa' Khoirotun
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:36
Last Modified: 08 Aug 2019 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33634

Actions (login required)

View Item View Item