Analisis wacana kritis Norman Fairclough terhadap kontroversi puisi "Ibu Indonesia" Karya Sukmawati Soekarnoputri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftahul (2019) Analisis wacana kritis Norman Fairclough terhadap kontroversi puisi "Ibu Indonesia" Karya Sukmawati Soekarnoputri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MIFTAHUL JANNAH_E01215011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang kontroversi Puisi Ibu Indonesia karya Sukmawati Soekarnoputri, penelitian ini didasari pada ketertarikan peneliti untuk mengetahui makna tersirat yang terdapat pada setiap baitnya, yang mana puisi tersebut mendapat banyak tanggapan dari masyarakat, tokoh agama, serta organisasi-organisasi masyarakat yang ada di Indonesia. Selain mendapat banyak tanggapan, puisi Ibu Indonesia akhirnya menjadi kontroversi sehingga banyak media online yang memuat artikel-artikel tentang puisi tersebut. Tidak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa puisi tersebut mengandung unsur SARA. Untuk mengetahui makna yang tersirat dalam puisi Ibu Indonesia, akan dianalisa menggunakan wacana kritis Norman Fairclough. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data berupa klarifikasi Sukmawati sebagai penulis puisi dan tanggapan masyarakat tentang puisi Ibu Indonesia. Dan model pemaparan data akan dijelaskan dengan model deskriptif analisis. Dari hasil analisis terhadap puisi Ibu Indonesia, jika dianalisis menggunakan analisis wacana kritis Norman Fairclough puisi tersebut mengandung makna yang berhubungan dengan keanekaragaman Indonesia. Melalui puisi tersebut penulis atau penyair berusaha untuk menggambarkan kebanggaannya terhadap peradaban yang ada di Indonesia. Jika dianalisis secara kontekstual, puisi Ibu Indonesia mengandung makna tentang pentingnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk selalu menanam dan menghidupkan nilai-nilai kearifan lokal agar tetap bisa menjaga identitas bangsa serta selalu melestarikan kebudayaan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, MiftahulMiftajannah066@gmail.comE01215011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, KasnoKasno.sudaryanto@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, M.SyamsulSamudra70@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Masalah sosial
Puisi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Jannah Miftahul
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:49
Last Modified: 08 Aug 2019 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33663

Actions (login required)

View Item View Item