Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan metode IMPROVE berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soleh, Mohammad (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan metode IMPROVE berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Soleh_D74215053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan. Metode IMPROVE berbasis etnomatematika adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan melihat tingkat pemahaman siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pembelajaran PLOMP yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation), (2) Fase Pembuatan Prototipe (Prototyping Phase), (3) Fase Penilaian (Assesment Phase). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD , dan Soal Tes Pemahaman Siswa. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas VIII-H MTs Negeri 08 Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,88, LKPD sebesar 3,83, dan Soal Tes pemahaman sebesar 3,86. Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai A dengan tanpa revisi oleh satu validator dan dinilai B oleh dua validator sehingga perangkat tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 98,56%, Kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,58, respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata rata respon siswa sebesar 80,56% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah pembelajaran diketahui siswa yang tuntas dengan skor tinggi persentasenya sebesar 33,3%, siswa yang tuntas dengan skor sedang persentasenya sebesar 50%, dan siswa yang tuntas dengan skor rendah persentasenya sebesar 16,7%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soleh, Mohammadmohammadsoleh1410@gmail.comD74215053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan
Keywords: Metode IMPROVE; Etnomatematika; Pemahaman siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Soleh Mohammad
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:55
Last Modified: 09 Aug 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33683

Actions (login required)

View Item View Item