Konsep kemudahan dalam Al-Qur’an: Studi atas penafsiran ayat Taisir Al-Qur’an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sjamsudin, Achmad (2019) Konsep kemudahan dalam Al-Qur’an: Studi atas penafsiran ayat Taisir Al-Qur’an. Masters thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
ACHMAD SJAMSUDIN_F12517336.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemudahan al-Qur’an dinyatakan oleh Allah di dalam Surat al-Qamar [54]: 17. Ibn Kathir menafsirkan Ayat Taisir al-Qur’an itu sebagai berikut,”Allah telah memudahkan al-Qur’an dari sisi lafal dan maknanya bagi manusia yang ingin mengingat-ingatnya. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran dengan al-Qur’an yang telah Allah mudahkan menghafal lafal dan memahami maknanya”? Dari penafsiran itu, penulis berusaha untuk memahami makna Ayat Taisir al-Qur’an secara utuh. Ayat Taisir al-Qur’an mempunyai tema sentral. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui apa tema sentralnya. Keingintahuan penulis terungkap dalam rumusan masalah: (1) apa yang dimaksud dengan kemudahan pada Ayat Taisir al-Qur’an dan (2) apa tema sentralnya, dengan tujuan mengetahui (1) apa yang dimaksud dengan kemudahan di Ayat Taisir al-Qur’an dan (2) mengetahui tema sentralnya. Untuk menjawab rumusan masalah, penulis menggunakan metode content analysis dan maudu’i. Dari penelitian ini, penulis memperoleh hasil: (1) konsep kemudahan al-Qur’an adalah kemudahan di sisi lafal sehingga al-Qur’an mudah dibaca dan dihafal, serta kemudahan di sisi makna sehingga al-Qur’an mudah dipahami, dan (2) tema sentral Ayat Taisir al-Qur’an ialah “tadhakkur” atau “tadabbur”, yaitu orang kafir Quraisy diperintah untuk “mengambil pelajaran” dari kisah umat-umat terdahulu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sjamsudin, Achmadachmadsjamsudin68@gmail.comF12517336
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherMusyafa’ah, Suqiyahachmadsjamsudin68@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: acmad sjamsudin sjamsuddin
Date Deposited: 12 Aug 2019 06:21
Last Modified: 12 Aug 2019 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33733

Actions (login required)

View Item View Item