Diversitas Asteroidea (Bintang Laut) di Pulau Mandangin Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Farizi, Ahmad Haris (2019) Diversitas Asteroidea (Bintang Laut) di Pulau Mandangin Sampang Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Haris Al Farizi- H01215002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, salah satunya adalah bintang laut. Di Pulau Madura penelitian bintang laut jarang sekali dilakukan, padahal bintang laut memiliki peranan penting dalam ekosistem. Maka dari itu penulis tertarik melakukan penelitian bintang laut di Pulau Mandangin Sampang Madura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman dan pola distribusi bintang laut yang berada di Pulau Mandangin Sampang Madura. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 sampai 30 Agustus 2018. Pengambilan data dilakukan dengan metode transek tegak lurus dengan ukuran plot 5x5 meter, dan jarak antar plot 20-30 meter, serta ulangan per lokasi sebanyak 3x transek dan jarak antar transek 100 meter. Analisis data yang digunakan adalah indeks keanekaragaman, kemelimpahan spesies dan frekuensi kehadiran dan diuji dengan statistik uji korelasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa bintang laut yang ada di Pulau Mandangin Sampang Madura adalah 168 dari spesies Arcaster typicus dan 2 spesies Echinaster luzonicus, dari hasil ini diketahui bahwa keanekaragaman bintang laut di Pulau Mandangin Sampang Madura adalah 0,06, kemelimpahan tertinggi 0,39. Sedangkan frekuensi kehadiran spesies Arcaster typicus adalah 19,59 dan spesies Echinaster luzonicus 1,35 dengan pola distribusi Arcaster typicus berkelompok dan distribusi Echinaster luzonicus acak. Adapun korelasi Arcaster typicus dan Echinaster luzonicus berbadning lurus dengan habitat pasir dan alga, sedangkan dengan habitat karang, dan lamun berbanding terbalik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Farizi, Ahmad Harisalfariziharis6@gmail.comH01215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBahri, SaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRokhim, SaikuUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyastuti, AnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Keywords: Diversitas; Distribusi; Bintang Laut; Pulau Mandangin Sampang Madura
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Al Farizi Ahmad Haris
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:56
Last Modified: 08 Aug 2019 02:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33751

Actions (login required)

View Item View Item