Profil pertanyaan siswa Tunanetra dalam pembelajaran Matematika berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Marbach

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Yuliana (2019) Profil pertanyaan siswa Tunanetra dalam pembelajaran Matematika berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Marbach. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuliana Rahmawati_D54212066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Taksonomi Marbach adalah taksonomi yang dikembangkan oleh Gili Marbach-Ad yang digunakan untuk menggolongkan pertanyaan ke dalam beberapa kategori dan susunan pertanyaan dari tingkat rendah ke tingkat tinggi. Analisis statistik taksonomi Marbach menyatakan bahwa ada 8 kategori pertanyaan siswa yang digolongkan ke dalam 4 tipe pertanyaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil pertanyaan siswa tunanetra dalam pembelajaran matematika berdasarkan klasifikasi Taksonomi Marbach. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMALB Negeri Cerme pada kelas XI semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 3 siswa tunanetra sebagai subjek penelitian. Data dalam penelitian ini diperoleh dari metode penelitian observasi dan wawancara. Adapun instrumen yang digunakan, yaitu lembar observasi kualitas pertanyaan siswa, lembar observasi profil pertanyaan siswa, dan pedoman wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa pertanyaan-pertanyaan siswa yang kemudian dianalisis dan dikategorikan ke dalam klasifikasi Taksonomi Marbach dan dianalisis sesuai dengan batasan penelitian profil pertanyaan siswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: subjek pertama memiliki kualitas pertanyaan tipe II yaitu kualitas rendah, dengantata cara bertanya kategori sedang. Subjek kedua memiliki kualitas pertanyaan tipe I yaitu kualitas kurang, dengantata cara bertanya kategori sedang. Sedangkan subjek ketiga memiliki kualitas pertanyaan tipe III yaitu kualitas sedang, dengantata cara bertanya kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Yulianayulianarahmawati37@gmail.comD54212066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiti, LailiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan - Tunanetra
Keywords: Taksonomi Marbach; Klasifikasi Pertanyaan; Kualitas Pertanyaan; Profil Pertanyaan dalam Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahmawati Yuliana
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:58
Last Modified: 06 Aug 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33755

Actions (login required)

View Item View Item