Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem Real Money Trading di Game Mobile Legends

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aditya, Ahmad Muzakki (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem Real Money Trading di Game Mobile Legends. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muzakki Aditya_C92215145.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan tentang “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Dengan Sistem Real Money Trading Di Game Mobile Legends”. Penelitiian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana praktik jual beli dengan sistem Real Money Trading di Game Mobile Legends ? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem Real Money Trading di Game Mobile Legends ?. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode penelitian lapangan (field Research) dengan teknik pengumpulan data diantaranya, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Yang selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu metode dimana prosedur pemecahan penelitiannya diselidiki dengan mengambil fakta-fakta yang terjadi di lapangan antara penjual dan pembeli. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama, jual beli dengan sistem Real Money Trading terdapat tiga cara yaitu jual beli antara pembeli dengan developer melalui aplikasi game; jual beli antara pembeli dengan developer melalui website resmi; dan jual beli antara pemain dengan pemain lain melalui media sosial. kedua, praktik jual beli dengan sistem Real Money Trading di Game Mobile Legends telah memenuhi rukun jual beli dalam hukum Islam akan tetapi syarat jual beli belum terpenuhi dikarenakan mengandung unsur gharar didalamnya yang diakibatkan karena ketidakjelasan atas kepemilikan objek jual beli dan juga masa waktu hingga Game Moblie Legends tutup. Sejalan dengan kesimpulan di atas terdapat beberapa saran yaitu: Pertama, kepada semua pemain game Mobile Legends untuk mendapatkan sendiri item yang diingikan sehingga tidak melakukan transaksi jual beli dengan sistem Real Money Trading; kedua, kepada pemain yang akan melakukan transaksi jual beli dengan sistem Real Money Trading diharapkan untuk menghindari transaksi tersebut dikarenakan dapat merugikan diri sendiri dimasa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aditya, Ahmad Muzakkiahmadmuzakky.am@gmail.comC92215145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Game Online
Hukum Islam
Hukum
Hukum Ekonomi
Keywords: Game Online; Real Money Trading
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aditya Ahmad Muzakki
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:42
Last Modified: 19 Aug 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33770

Actions (login required)

View Item View Item