Epistemologi Tafsir Imajiner Ayat-Ayat Tentang Setan Dalam Buku Akulah Setan Anda Siapa? Karya Aang Efha

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prabowo, Dimas Apriliyanto (2019) Epistemologi Tafsir Imajiner Ayat-Ayat Tentang Setan Dalam Buku Akulah Setan Anda Siapa? Karya Aang Efha. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DIMAS APRILIYANTO PRABOWO - E93215062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan sumber serta mendeskrikan metode yang digunakan dalam buku Akulah Setan Anda Siapa? Tafsir Imajiner Ayat-ayat (tentang) Setan karya Aang Efha. Selain itu, penelitian ini juga bermaksud untuk menguji validitas penafsiran Aang Efha, sehinga nantinya dapat diketahui bisa digolongkan ke dalam sebuah produk tafsir atau tidak. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini memakai metode deskriptif dengan pendekatan analisis isi yang mana nantinya kandungan dari keseluruhan teks yang dikaji akan dianalisis secara keseluruhan hingga mendapatkan hasi yang komprehensif. Untuk mendapatkan uraian yang maksimal, maka digunakan teori epistemologi tafsir dari Abdul Mustaqim sebagai pisau analisisnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan juga disertakan wawancara untuk memperoleh bahan yang belum tersedia. Metode dokumentasi ini dalam pelaksanaannya adalah mengumpulkan berbagai data baik berupa catatan, buku, kitab, artikel, jurnal, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan variabel penelitian berdasarkan konsep-konsep kerangka penulisan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber yang dipakai oleh Aang Efha adalah Alquran. Kemudian metode yang dipakai olehnya untuk menjelaskan tema Setan dalam Alquran, yaitu Tafsir Imajiner yang mana mengungkapkan makna Alquran dengan membuat setting baru dengan cara menarasikan hal tersebut. Selain itu dalam kepenulisannya, digunakan pola tematik, yakni menjabarkan satu tema tertentu dalam Alquran. Buku Akulah Setan Anda Siapa? Tafsir Imajiner Ayat-ayat (tentang) Setan karya Aang Efha merupakan tidak termasuk ke dalam produk tafsir karena dalam bukunya sendiri ia menuliskan jika kompetensi yang dimiliki belum memenuhi kompetensi keilmuan sesuai ‘Ulum al-Quran sehingga ia memutuskan untuk menjabarkan pesan Alquran dengan bahasanya sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prabowo, Dimas Apriliyantoprabowodimas10@gmail.comE93215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwahyudi, Budiprabowodimas10@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorIwanebel, Fedjrian Yazdajirdprabowodimas10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Epistemologi, Tafsir, Sumber Penafsiran, Metode Penafsiran, Tafsir Imajiner.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Prabowo Dimas Apriliyanto
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:12
Last Modified: 07 Aug 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33771

Actions (login required)

View Item View Item