Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metode permainan petak umpet angka pada Kelompok A di KB Al-Hikmah Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Ulfiyatul (2019) Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metode permainan petak umpet angka pada Kelompok A di KB Al-Hikmah Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfiyatul Laili_D08215014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan anak kelompok A dalam mengenal lambang bilangan masih dibawah nilai rata-rata dan masuk kriteria mulai berkembang, hal ini terbukti dari hasil belajar menunjukkan 80% anak belum mengenal lambang bilangan 1-10 dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode permainan petak umpet angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui metode permainan petak umpet angka.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan; pelaksanaan; observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelompok A yang berjumlah 10 anak. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan metode permainan petak umpet angka dalam proses pembelajaran mendapatkan hasil di setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan anak. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mendapatkan nilai 79,1%, sedangkan hasil aktivitas anak mendapatkan nilai 69,4%. Selanjutnya pada siklus II hasil observasi aktivitas guru mendapatkan nilai 93% dan aktivitas anak mendapatkan nilai 94,4%. (2) Adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 melalui permainan petak umpet angka dengan melihat nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 69,97 dengan persentase ketuntasan belajar anak adalah 30%, sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 88,29 dengan persentase ketuntasan belajar anak 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Ulfiyatululfiyatul.laili4599@gmail.comD08215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TranscriberNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
TranscriberSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Keywords: Kemampuan Mengenal lambang Bilangan 1-10; Metode Permainan Petak Umpet
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Laili Ulfiyatul
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:41
Last Modified: 13 Aug 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item View Item