Analisis beban emisi Karbon Monoksida (CO) dan Methana (CH4) dari kegiatan pembakaran sampah secara terbuka: studi kasus Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholisyah, Zumrotul (2019) Analisis beban emisi Karbon Monoksida (CO) dan Methana (CH4) dari kegiatan pembakaran sampah secara terbuka: studi kasus Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Kholisyah_H75215026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem pengelolaan Sampah di Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan masih belum optimal. Dengan jumlah penduduk sebesar 23.859 jiwa, hanya terdapat satu dusun yang melakukan pengelolaan sampah rumah tangga sesuai dengan ketentuan yang berlaku (SNI-3964-1994). Mayoritas masyarakat di kecamatan Sarirejo masih melakukan pengolahan sampah dengan open burning. Penelitian U.S EPA tahun 2001 menunjukkan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pembakaran sampah secara terbuka adalah lepasnya emisi pencemaran udara. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memprediksi beban emisi total dari polutan Karbon monoksida (CO) dan Methana (CH4) di Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Nilai beban emisi dihitung merujuk pada U.S EPA. Data primer berupa pengambilan sampel sebanyak 31 rumah untuk pengukuran timbulan sampah sesuai dengan SNI-3964-1994. Penentuan persentase penduduk yang membakar sampah dan frekuensi pembakaran sampah didapatkan dari 98 responden yang dihitung berdasarkan rumus Slovin. Data sekunder yang digunakan yaitu jumlah penduduk Kecamatan Sarirejo dan faktor emisi pembakaran sampah secara terbuka berdasarkan U.S EPA. Berdasarkan perhitungan, timbulan sampah di Kecamatan Sarirejo mencapai 0,314 Kg/Orang/Hari. Nilai persentase penduduk yang membakar sampah sebesar 91% dan frekuensi pembakaran sampah sebesar 0,61 kali/hari. Beban emisi polutan CO lebih besar dibandingkan dengan CH4 yakni sebesar 58,523 ton CO/tahun dan 8,951 ton CH4/tahun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholisyah, Zumrotulzumrotulkholisyah@gmail.comH75215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurmaningsih, Dyah Ratridyahratrin@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorNengse, Sulistiyasulistiya703@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pengangkutan
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Perumahan
Teknologi
Teknik Lingkungan
Keywords: Karbon Monoksida; CO; Methana; CH4
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Kholisyah Zumrotul
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:45
Last Modified: 09 Aug 2019 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33885

Actions (login required)

View Item View Item