Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Webtoon "Laa Tahzan : Don't Be Sad" Episode #71 - #80 di LINE Webtoon

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, M. Faizal (2019) Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Webtoon "Laa Tahzan : Don't Be Sad" Episode #71 - #80 di LINE Webtoon. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Faizal Rachman_B91215095.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dakwah selama ini identik dengan ceramah melalui lisan. Namun di zaman modern seperti sekarang ini, dakwah haruslah dikemas dengan menarik. Melalui perkembangan media dakwah dengan teknologi modern ini menuntut semua pihak, khususnya aktivis dakwah untuk senantiasa kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi yang dimaksud guna kemaslahatan umat manusia. Seperti halnya Webtoon pada era modern ini dapat juga dijadikan proses dalam menyampaikan pesan dakwah. Seperti Webtoon Laa Tahzan: Don’t be sad yang ada di LINE Webtoon, Webtoon ini memiliki cerita dengan alur religi yang dikemas kekinian dan unik, agar dapat menarik minat pemuda untuk membaca Webtoon yang penuh dengan motivasi dan pelajaran hidup dalam hal ini pelajaran agama.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : Bagaimana pesan dakwah yang terkandung dalam Webtoon “Laa Tahzan : don’t be sad“episode #71 - #80. Adapun tujuan ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terdapat dalam Webtoon “Laa Tahzan : don’t be sad“episode #71 - #80. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yang bersifat kuantitatif, yaitu dengan cara mencatat nilai-nilai bilangan atau frekuensi untuk melukiskan berbagai jenis isi yang didefinisikan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi selanjutnya melakukan analisis sesuai indikator yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis isi terhadap pesan dakwah yang terdapat pada Webtoon “Laa Tahzan : don’t be sad“episode #71 - #80.
Setelah dihitung dan dianalisis, maka hasil penelitian menunjukan bahwa pesan dakwah yang terdapat dalam Webtoon tersebut adalah ada 28% berupa pesan akidah, 60% berupa pesan akhlak, dan 12% berupa pesan syariah. Maka pesan dakwah yang paling dominan adalah pesan akhlak yaitu dengan prosentase 60%.
Penelitian ini hanya meneliti analisis isi pesan dakwah dalam Webtoon “Laa Tahzan : don’t be sad“episode #71 - #80. Bagi peneliti selanjutnya bisa mengkaji pesan dakwah dengan pendekatan framing, wacana atau semiotik. Bagi pengembangan media dakwah, fenomena Webtoon juga menarik diteliti lebih lanjut dan mendalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, M. Faizalfayzalmuhammad@gmail.comB91215095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Analisis Isi; pesan dakwah; Webtoon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rachman M. Faizal
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:19
Last Modified: 12 Aug 2019 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item