Bimbingan dan Konseling Islam Menggunakan Reality Therapy untuk Menumbuhkan Minat Belajar Seorang Siswa di SMP Islam Tikung Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Megawangi, Aisyah Faradillah (2019) Bimbingan dan Konseling Islam Menggunakan Reality Therapy untuk Menumbuhkan Minat Belajar Seorang Siswa di SMP Islam Tikung Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Faradillah Megawangi_B93215093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Bimbingan dan Konseling Islam menggunakan Reality Therapy untuk menumbuhkan minat belajar seorang siswa di SMP Islam Tikung Lamongan? (2) Bagaimana hasil akhir pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam menggunakan Reality Therapy untuk menumbuhkan minat belajar seorang siswa di SMP Islam Tikung Lamongan?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif komparatif untuk mengetahui proses serta keberhasilan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam menggunakan Reality Therapy yaitu membandingkan teori dengan data di lapangan. Adapun proses pelaksanaan Reality Therapy untuk menumbuhkan minat belajar siswa dilakukan melalui langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi (treatment), follow up, dan evaluasi. Pada tahap terapi (treatment) Reality Therapy menggunakan WDEP System, meliputi: Wants (keinginan), Doing and Direction (melakukan dan mengarahkan), Evaluation (penilaian), dan Planning (perencanaan). Unsur keislaman dimasukkan dalam terapi ini berupa instrospeksi diri berbasis Muhasabah pada tahap Evaluation dalam WDEP System. Hasil akhir dari proses Bimbingan dan Konseling Islam menggunakan Reality Therapy untuk menumbuhkan Minat Belajar seorang siswa di SMP Islam Tikung Lamongan dalam penelitian ini bisa dikatakan cukup berhasil dengan hasil prosentase 66,66%, hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku konseli secara bertahap, seperti kemauan belajar meningkat dengan konseli belajar di rumah, intensitas bolos sekolah berkurang, berkonsentrasi saat jam pelajaran berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Megawangi, Aisyah Faradillahmegawangia@gmail.comB93215093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Minat Siswa
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Reality Therapy; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Megawangi Aisyah Faradillah
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:18
Last Modified: 07 Aug 2019 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33987

Actions (login required)

View Item View Item