Resolusi Konflik Dalam Membangun Perdamaian Global: telaah atas penafsiran Wahbah al-Zuhayli dalam tafsir al-Munir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Endah, Anita Rosella Koes (2019) Resolusi Konflik Dalam Membangun Perdamaian Global: telaah atas penafsiran Wahbah al-Zuhayli dalam tafsir al-Munir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Rosella Koes Endah_E93215092.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tak dapat dipungkiri di era modern seperti saat ini, konflik selalu menjadi bagian dalam kehidupan sosial, kemudian menjadi sebuah masalah apabila konflik itu direspon dengan kekerasan yang dapat menghasilkan masalah besar hingga terjadinya perang antar Negara. Sampai saat ini PBB masih belum memiliki taring untuk menjadi alat legitimasi negara al-Qur’an menawarkan banyak solusi mengatasi permasalahan kehidupan seluruh umat manusia. Dalam al-Qur’an terdapat beberapa term mengenai resolusi konflik dalam membangun perdamaian global diantaranya yaitu al-‘Adl, al-A’fw, al-Shu>ra> dan al-Su}lhu. Wahbah Zuha}yli> seorang tokoh intelektual kontemporer yang berasal dari Suriah, penyusun menggali data dengan berdasarkan penafsiran Wahbah al-Zuh}ayli> dalam Kitab Tafsi>r al-Muni>r fi> al-‘Aqi>dah wa al-Syari>ah wa al-Manhaj . Penelitian ini hanya terfokus pada ayat-ayat mengenai resolusi konflik dalam al-Qur’an menurut penafsiran Wahbah al-Zuh}ayli>. menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research). Metode tafsir ini menggunakan Maudhu’i karena mangaitkan dengan ayat-ayat yang relevan. Temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penafsiran Wahbah al-Zuh}ayli> pada ayat-ayat resolusi konflik dapat digunakan dalam mewujudkan perdamaian global. Dengan berlaku adil dalam bermuamalat dapat mencegah kerusakan, saling memaafkan dan menyambung silaturahmim, bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan, kemudian dalam konteks perdamaian apabila ada dua kelompok yang saling bertikai damaikanlah dengan dakwah Allah juga tidak membuat kerusakan setelah aman-aman saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Endah, Anita Rosella Koesanitarosella@gmail.comE93215092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorIchwayudi, Budibudi.ichwayudi@gmail.com197604162005011004
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Perdamaian
Keywords: Resolusi Konflik, Perdamaian Global
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Endah Anita Rosella Koes
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:43
Last Modified: 13 Aug 2019 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34031

Actions (login required)

View Item View Item