Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Tambak Garam Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosa, Ellya (2019) Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Tambak Garam Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ELLYA ROSA_B02215008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan Masyarakat Campurejo mengenai upaya menciptakan Tambak Garam yang bersih dan sehat. Berfokus pada pengelolaan sampah di tambak garam milik kelompok kencana makmur agar hasil produksi garam tidak tercemar akibat sampah rumah tangga masyarakat setempat. Adapun fokus pendampingan dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui kondisi lingkungan tambak garam yang tercemar akibat sampah rumah tangga 2) Menentukan strategi pemberdayaan yang dilakukan dan 3) Mengetahui perubahan yang dihasilkan setelah adanya proses pemberdayaan. Pemberdayaan yang di lakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan PAR (Participatory Acion Research). Merupakan pendekatan berbasis masalah yang ada di masyarakat. Masalah yang berawal dari kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan serta kurangnya kontribusi perangkat desa dalam menangani masalah sampah selama ini. Langkah menuju perubahan ini di mulai dari membangun kepercayaan antara peneliti dan masyarakat, pendekatan awal, menemukenali masalah secara FGD, menentukan strategi perubahan, melakukan aksi hingga evaluasi dan refleksi secara bersama-sama. Kondisi tambak garam yang terdapat banyak tumpukan sampah akibat buangan masyarakat sekitar. Menjadikan tambak garam tercemar olehnya. Dibenarkan oleh pemilik tambak bahwa garam yang di produksi adanya perubahan warna yang sedikit menguning. Dugaan sementara yakni adanya indikasi sampah yang masuk ketambak garam akibat terbawa angin maupun hasil dari pembakaran sampah, dimana abu yang dihasilkan dapat mengkontaminasi produksi garam sehingga warnanya berubah. Strategi pertama dilakukan peneliti adalah dengan berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat khususnya Local leader. Aksi yang telah dilakukan untuk menciptakan tambak garam yang bersih dan bebas sampah dimulai dari pendidikan informal terkait bahaya sampah bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Hasil dari aksi tersebut memunculkan kesadaran dan rasa tanggung jawab dari masyarakat terhadap lingkungan dengan mengolah sampah. Meliputi : memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam sayur, memanfaatkan plastik bekas menjadi kerajinan tangan untuk hiasan rumah, dan memanfaatkan duri ikan menjadi olahan stik duri ikan. Kemudian proses advokasi dilakukan untuk pembuatan draf kebijakan, dan kontribusi pemerintah desa yang berupa pengadaan bak sampah dan petugasnya, serta pemerataan sampah dengan menggunakan Buldoser di tambak garam menghasilkan perubahan berkurangnya sampah di tambak garam milik kelompok Kencana Makmur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosa, EllyaEllyarosa48@gmail.comB02215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Pudjirahmawatipudji@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Sampah; Penyelamatan Tambak Garam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rosa Ellya
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:41
Last Modified: 13 Aug 2019 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34062

Actions (login required)

View Item View Item