This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zuhriyah, Aminatuz (2015) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMPN 4 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
Kenyataan di lapangan, sering dijumpai siswa-siswi yang dirasa kurang baik akhlaknya kepada guru, kurang sopan dalam bertutur kata, kurang santun dalam bersikap, juga sering mengacuhkan guru ketika bertemu. Padahal seharusnya siswa-siswi harus sopan, santun, menyapa, salim, atau sekedar senyum kepada guru. Mengingat guru adalah orang tua ke-dua yang harus di hormati dan dihargai. Dengan itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana interaksi sosial antara guru dengan siswa di SMPN 4 Surabaya? Dan Adakah Pengaruh interaksi sosial antara guru dengan siswa di SMPN 4 Surabaya? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, analisis regresi sederhana. penulis mengumpulkan data dengan menggunakan teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa klas 7 dan 8 di SMPN 4 Surabaya yang berjumlah 570 siswa, yakni 7 kelas paralel untuk kelas VII, 7 kelas paralel untuk kelas VIII. Dan jumlah sampel yang akan diambil dalam penelitian ini, peneliti mengambil 10% sehingga diperoleh 57 siswa. Untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial antara guru dengan siswa di SMPN 4 Surabaya, peneliti menggunakan rumus prosentase. Dari analisis tersebut diperoleh hasil prosentase untuk interaksi sosial sebesar 65,17% yang berada pada standar prosentase 61%-750% dan tergolong baik. Selanjutnya untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi sosial antara guru dengan siswa (X) terhadap pembentukan akhlak siswa (Y) dilakukan analisis regresi linier sederhana. Diperoleh hasil t hitung > t tabel, 2,135 > 1,6725 dengan tingkat signifikan 5%, maka dapat diartikan Ho ditolak dan Hi diterima. Berarti Interaksi antara guru dengan siswa (X) berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan akhlak siswa (Y)di SMPN 4 Surabaya. Dalam pengujian hipotesis secara simultan dengan menggunakan Uji F, diperoleh F hitung 4,557 > F tabel 4,01, pada df = 1 dan dk=56 dengan tingkat signifikan 5% maka Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti bahwa interaksi antara guru dengan siswa berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pembentukan akhlak siswa di SMPN 4 Surabaya. Hasil Adjusted R Square sebesar 0,060, ini dapat menunjukkan bahwa pengaruh interaksi sosial antara guru dengan siswa terhadap pembentukan akhlak siswa sebesar 6%. Sedangkan sisanya 94% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidah terdapat dalam model pnelitian ini. Hasil ini menunjukkan bahwa vaiabel interaksi sosial antara guru dengan siswa memiliki pengaruh yang sangat lemah terhadap variabel pembentukan akhlak siswa di SMPN 4 Surabaya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mas'ud | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Akhlak > Akhlak Mulia Pendidikan Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Pengaruh; Interaksi Sosial; Pembentukan Akhlak | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2016 09:22 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2016 09:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
View Item |