Peningkatan ketrampilan membaca (tema buah) melalui media buku flanel pada kelompok A (usia 4-5 tahun) di taman kanak-kanak AnNisa'Mloko Geluran Taman Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Septy (2019) Peningkatan ketrampilan membaca (tema buah) melalui media buku flanel pada kelompok A (usia 4-5 tahun) di taman kanak-kanak AnNisa'Mloko Geluran Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Septy Anggraeni_D98215041.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya siswa kelompok A dalam keterampilan membaca di Taman Kanak-kanak An-Nisa Mloko Geluran Taman Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar dalam keterampilan membaca siswa yang menunjukkan bahwa siswa yang belum mampu membaca sebesar 90% dan yang mampu membaca dengan lancar sebesar 10%. Berdasarkan hasil rangkuman penilaian pada saat pra siklus kelompok A di Taman Kanak-kanak An-Nisa Mloko Geluran Taman Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara, tes menggunakan instrumen penilaian, serta dokumentasi berupa foto dan rekaman suara. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penggunaan media buku flannel telah berkembang secara baik pada siklus II dalam peningkatan keterampilan membaca siswa kelompok A. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi peneliti dan guru kelas pada siklus I dalam ketuntasan belajar keterampilan membaca sebesar 30% dengan rata-rata 57,5 dan meningkat pada siklus II dalam ketuntasan belajar keterampilan membaca sebesar 70% dengan rata-rata 79,375. 2) Adanya peningkatan keterampilan membaca setelah diterapkannya media buku flannel terlihat dari ketuntusan belajar siswa dalam keterampilan membaca berkembang baik. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 57,5 sedangkan pada siklus II sebesar 79,375 dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, SeptyAnggraeni.septy19@gmail.comD98215041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com197001022005011005
Thesis advisorDwijo, Al Qudus nofiandri eko suciptoUNSPECIFIED197311162007101001
Subjects: Pendidikan > Anak
Keywords: Keterampilan Membaca; Media Buku Flannel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Anggraeni Septy
Date Deposited: 09 Aug 2019 04:01
Last Modified: 09 Aug 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34137

Actions (login required)

View Item View Item