Analisis mikroplastik menggunakan FT-IR pada air, sedimen, dan ikan belanak (Mugil cephalus) di segmen Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayun, Neily Qurrata (2019) Analisis mikroplastik menggunakan FT-IR pada air, sedimen, dan ikan belanak (Mugil cephalus) di segmen Sungai Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Neily Qurrata A’yun_H71215032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Polusi sampah plastik merupakan suatu masalah global dan berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat. Plastik yang telah lama di perairan, lama kelamaan akan terdegradasi menjadi partikel kecil yang biasa disebut mikroplastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kandungan mikroplastik pada air, sedimen dan, ikan belanak (Mugil cephalus) di sungai Bengawan Solo yang melintasi segmen di Kabupaten Gresik. Sampling dilakukan ditiga stasiun yang mewakili daerah dekat dengan perumahan warga, dekat dengan tambak atau budidaya perikanan, dan daerah dekat dengan muara. Sampel yang telah diambil akan dibawa kelaboratorium UIN Sunan Ampel Surabaya, kemudian dilakukan pengamatan dan perhitungan banyak temuan mikroplastik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar dari sampel air, sedimen, dan ikan belanak (Mugil cephalus) positif mengandung mikroplastik dengan tipe fiber, film, dan fragment. Dalam 3 sampel air ditemukan 32 mikroplastik dengan rata-rata 10 mikroplastik persampel, pada 9 sampel sedimen ditemukan 47 mikroplastik dengan rata-rata 5 partikel per 50gr sedimen kering, dan pada 15 sampel ikan belanak ditemukan sebanyak 78 mikroplastik dengan rata-rata 5 mikroplastik per sampel ikan. Berdasarkan hasil uji FTIR ditemukan polypropylene, polystyrene, dan ethylene vinyl acetate yang terkandung dalam sampel mikroplastik. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat menemukan upaya untuk mengurangi persebaran mikroplastik pada perairan dan mengetahui dampak termakannya mikroplastik oleh biota air.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayun, Neily Qurrataneilyayun0@gmail.comH71215032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEsti, Tyastirinneilyayun0@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHadi, Moch IrfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Keywords: Mikroplastik; Air; Sedimen; Ikan Belanak (Mugil cephalus)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ayun Neily Qurrata
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:26
Last Modified: 08 Aug 2019 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34185

Actions (login required)

View Item View Item