Dakwah agen perubahan: pemberdayaan Komunitas Penggaduh dalam pemanfaatan limbah kotoran Sapi di Desa Sumberkepuh Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyithah, Dina (2019) Dakwah agen perubahan: pemberdayaan Komunitas Penggaduh dalam pemanfaatan limbah kotoran Sapi di Desa Sumberkepuh Kecamatan Lengkong Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Masyithah_B52215026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kondisi kehidupan masyarakat Desa Sumberkepuh, yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak sapi. Jumlah sapi yang mencapai 400 ekor di Desa Sumberkepuh selain turut menjadi tabungan bagi masyarakat di hari tua, di sisi lain juga menjadi pemasok limbah pada lingkungan. Dibalik dampaknya secara fisik berupa pencemaran kawasan lingkungan dan perumahan, ternyata profesi sebagai peternak sapi juga menjadi beban bagi masyarakat dan pintu bagi ketertindasan atas dasar budaya. Bagi peternak sapi, adalah hal biasa jika tidak diberikan upah oleh majikan/pemilik sapi ketika sapi yang dirawatnya mati, karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan setempat. Penelitian ini menggunakan metodologi PAR (Participatory Action Research) untuk membangun kesadaran dan keikutsertaan/partisipasi masyarakat dalam melihat ketertindasan yang terjadi pada anggota masyarakat yang berprofesi sebagai peternak sapi. Metodologi penelitian PAR memiliki langkah-langkah, serta tekhnik. Tekhnik penggalian data, tekhnik validasi data, tekhnik analisis data. Adapun langkah-langkahnya berupa, pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, merumuskan agenda perubahan, pemetaan partisipatif, penentuan agenda kemanusiaan, menyusun strategi gerakan, pengorganisasian masyarakat, melancarkan aksi perubahan, dan membangun kelompok belajar masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebenaran akar permasalahan limbah kotoran sapi serta tidak adanya upah bagi peternak sapi. Selain itu penelitian ini bertujuan meberdayakan masyarakat, oleh masyarakat dan dari masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan pengolahan dan minimalisir dampak buruk dari banyaknya limbah kotoran sapi serta membangun kesadaran peternak sapi untuk menyuarakan dan mengkompromikan hak atas upah kerjanya merawat sapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyithah, Dinajannahihsan@gmail.comB52215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abdulhalim2014@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Peternakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Masyithah Dina
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:11
Last Modified: 16 Aug 2019 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34319

Actions (login required)

View Item View Item