Akurasi perhitungan Gerhana Bulan menurut Jean Meeus menggunakan Software Matlab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifi, Miftach Rizcha (2019) Akurasi perhitungan Gerhana Bulan menurut Jean Meeus menggunakan Software Matlab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftach Rizcha Afifi_C08215010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Akurasi Perhitungan Gerhana Bulan Menurut Jean Meeus Dengan Menggunakan Sofware Matlab ini untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang tertuang dalam skripsi meliputi:1).Bagaimakah perhitungan gerhana Bulan menurut Jean Meeus?. 2).Bagaimanakah langkah-langkah perhitungan gerhana Bulan menurut Jean Meeus menggunakan program (software) Matlab? 3). Bagaimanakah akurasi perhitungan gerhana Bulan algoritma Jean Meeus menggunakan software Matlab dengan perhitungan gerhana Bulan algoritma Jean Meeus manual? Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode studi pustaka (Library research) dengan data kualitatif. Berdasarkan data primer astronomical algorithm oleh Jean Meeus (perhitungan awal Bulan Jean Meeus dalam mekanika benda langit oleh P.Rinto yang merupakan terjemah dari astronomical algorithm dari Jean Meeus). Dan didukung dari data sekunder yaitu buku-buku ilmu falak yang membahas tentang perhitungan gerhana Bulan dan literature-literatur Software Matlab. Setelah dilakukan penelitian menyimpulkan, bahwa Algoritma Jean Meeus perhitungan gerhana Bulan terdapat 39 langkah perhitungan yang di dalamnya antara lain di hitung mulai Julian day gamma dan terakhir pada perhitungan akhir penumbra Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Akurasi Perhitungan Gerhana Bulan menurut Jean Meeus menggunakan software Matlab ini terdapat beberapa langkah antara lainPengumpulan data; Analisa data untuk perhitungan gerhana Bulan dalam software Matlab; Penginputan data; Peng-codingan; Eksekusi dan evalusasi. Sehingga setelah dilakukan analisa dapat disimpulkan bahwa perhitungan gerhana Bulan menggunanan algoritma Jean Meeus, baik perhitungan secara manual ataupun menggunakan software Matlab memiliki hasil akhir yang hampir sama. Saran. Penggunaan software Matlab memerlukan memori yang cukup besar sehingga diperlukan laptop/pc/komputer dengan spesifikasi tinggi atau minimal core i3;Sangat diharapkan untuk dilakukan penelitian selanjutnya terhadap penggunaan software Matlab untuk perhitungan-perhitungan ilmu falak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifi, Miftach Rizchaafifirizcha@gmail.comC08215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hisab dan Rukyah
Falak
Keywords: Gerhana Bulan; Algoritma Jean Meeus; Matlab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Afifi Miftach Rizcha
Date Deposited: 15 Aug 2019 02:07
Last Modified: 15 Aug 2019 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34333

Actions (login required)

View Item View Item