Kajian praktik jual beli pakaian bekas terhadap Maslahah Mursalah di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradipta, Akbar Galih Rendra (2019) Kajian praktik jual beli pakaian bekas terhadap Maslahah Mursalah di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akbar Galih Rendra Pradipta_G74215126.pdf

Download (932kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kajian Praktik Jual Beli Pakaian Bekas Terhadap Pencapaian Maslahah Mursalah di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya” ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana kegiatan praktik jual beli di Pasar Pagi Tugu Pahlawan terhadap perspektif dalam ekonomi Islam dengan syari’at ekonomi dalam Islam?. 2) Bagaimana para pedagang dan pembeli pakaian bekas di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya dalam melakukan praktik jual beli untuk mencapai maslahah mursalah? Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah snowball sampling, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data yang didapat dari hasil penelitian yang dilakukan dalam jangka waktu sebulan penuh. Selanjutnya hasil data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang telah diperoleh adalah bahwa dalam praktik jual beli pakaian bekas yang berada di Pasar Pagi Tugu Pahlawan Surabaya mulai dari pedagang, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan telah memenuhi unsur-unsur syarat maupun rukun jual beli dalam perspektif ekonomi islam. Hal ini tercermin dari praktik jual beli yang telah dilakukan oleh pedagang dengan pembeli, yang menggunakan prinsip kesepakatan bersama dan suka sama suka. Yang kemudian keadaan tersebut mendukung dalam penelitian kegiatan praktik jual beli pakaian bekas terhadap pencapaian mas}lah}ah mursalah. Sehingga memberikan hasil analisis bahwa praktik jual beli pakaian bekas terhadap pencapaian maslahah mursalah telah tercapai. Dalam praktiknya kegiatan jual beli pakaian bekas tersebut, memberikan dampak positif yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat dan tidak adanya unsur yang mudharat bagi masyarakat. Sejalan dengan kesimpulan di atas, Penulis memberikan saran kepada masyarakat sebagai pelaku praktik jual beli pakaian bekas agar tidak hanya tergiur dengan harga yang murah saja akibat adanya pakaian bekas yang berkualitas, namun juga memperhatikan sisi lingkungan yang saat ini semakin buruk akibat limbah sampah dari barang yang tidak terpakai, yang berakhir mengancam ekosistem yang ada di bumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradipta, Akbar Galih Rendrarenprap97@gmail.comG74215126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, LathoifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Pakaian Bekas; Kemaslahatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Pradipta Akbar Galih Rendra
Date Deposited: 15 Aug 2019 01:34
Last Modified: 15 Aug 2019 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34340

Actions (login required)

View Item View Item