Politik dakwah KH Muhammad bin Muafi Sampang melalui peran ulama-umara'

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aisah, Siti (2019) Politik dakwah KH Muhammad bin Muafi Sampang melalui peran ulama-umara'. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Aisah_F12717361.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://w3.uinsby.ac.id

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk politik dakwah KH Muhammad Bin Muafi melalui perannya sebagai Ulama dan Umara. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan mengetahui bentuk politik dakwah KH Muhammad Bin Muafi yang menjalankan perannya sebagai Ulama sekaligus Umara dalam realita kehidupan bermasyarakat di Sampang maka dapat menjawab dasar latar belakang penelitian ini yaitu dimana Ulama yang sekaligus berperan menjadi Umara’ atau pemimpin pemerintahan yang dipercaya oleh masyarakat mempunyai tujuan dakwah dibaliknya dan masyarakat dapat memilih pemimpin dari golongan Ulama’ dalam proses Pemilihan Umum di Indonesia. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam terhadap informan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial Peter L berger dan Thomas Luckmann dimana terdapat tiga proses dialektika dalam konstruksi sosial, yaitu eksternalisasi, objektivasi dan internalisasi. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Melalui peran Ulama KH Muhammad Muafi melakukan kaderisasi santri menjadi Ulama dan Umara menggunakan media dakwah Pondok Pesantren, membentuk karakter santri mandiri dan menanamkan ideologi yang berasal dari hadist Nabi Muhammad SAW “Ittaqillaha haithu ma kunta” (bertakwalah kamu dimanapun kamu berada) 2) Melalui peran Umara KH Muhammad Muafi menciptakan lapangan pekerjaan, menjaga kondusifitas masyarakat Sampang dan memilih calon legislatif yang akan diusung partainya dari golongan santri untuk memastikan bahwa perwakilan rakyat adalah orang yang benar-benar mengetahui tentang hukum agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aisah, Sitiaisyahafandiismail@gmail.comF12717361
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
PapermakerAswadi, AswadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aisah Siti
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:24
Last Modified: 14 Aug 2019 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34404

Actions (login required)

View Item View Item