Komunikasi persuasif Griya al Qur'an dalam penyemangatan hafalan al Qur'an masyarakat surabaya dan sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muiz, Ahmad Habibul (2019) Komunikasi persuasif Griya al Qur'an dalam penyemangatan hafalan al Qur'an masyarakat surabaya dan sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Habibul Muiz_F12717355.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persuasi merupakan bentuk komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi pemikiran, pendapat dan sikap orang lain sesuai dengan yang dikehendaki oleh komunikator tanpa unsur paksaan. Tesis ini dilakukan untuk menjawab tiga permasalahan tentang pola komunikasi persuasif Griya Alquran dalam menyemangati masyarakat perkotaan Surabaya dan Sidoarjo untuk menghafal Alquran : Pertama, bagaimana isi pesan komunikasi persuasif Griya Alquran. Kedua, apa media komunikasi persuasif yang dipakai oleh Griya Alquran. Ketiga, apa saja hambatan komunikasi persuasif yang dihadapi oleh Griya Alquran. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis memakai pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif analisis. Metode ini memungkinkan untuk penggambaran secara sistematis dan akurat mengenai pola komunikasi persuasif Griya Alquran dengan unsur-unsur terkait, sehingga motivasi masyarakat dalam menghafal Alquran menjadi lebih kuat. Penelitian ini telah menghasilkan temuan. Pertama, isi pesan komunikasi persuasif Griya Alquran dalam penyemangatan hafalan Alqurandinilaicukuf efektif karena telah memenuhi unsur-unsurkomunikasi persuasif yang mudah dipahami, mudah diterima serta mampu mempengaruhi pemikiran dan semangat masyarakat Surabaya dan Sidoarjo untuk menghafal Alquran.. Kedua, pesan komunikasi persuasif Griya Alquran telah disampaikan melalui media Audio, visual serta Audio visual. Ketiga, Ditemukan adanya dua hambatan utama dalam komunikasi persuasif Griya Alquran yaitu hambatan mekanistis dan psikologis. Penelitian ini hanya berbicara pada sisi komunikasi persuasif Griya Alquran dalam penyemangatan hafalan Alquran, belum membahas sisi lainnya sehingga dperlukan kajian lanjutan untuk memberikan manfaat lebih luas baik secara akademis maupun kemanfaatan umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muiz, Ahmad Habibulhabib69ahm@gmail.comF12717355
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com195706091983031003
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi Persuasif, Pesan, Media Komunikasi
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muiz Ahmad Habibul
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:31
Last Modified: 09 Aug 2019 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34412

Actions (login required)

View Item View Item