Membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana kebakaran melalui sistem informasi geografis di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Nizamudin Imam (2019) Membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana kebakaran melalui sistem informasi geografis di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nizamudin Imam Santoso_B92215057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha membangun kesiapsiagaan masyarakat yang didahului dengan pemetaan kondisi kawasan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap risiko bencana kebakaran. Dalam membangun kesiapsiagaan melalui beberapa strategi yang dilakukan agar proses yang dilalui berjalan dengan lancar diantaranya dengan memahami kawasan. Upaya edukasi risiko bencana kebakaran yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan hingga kesadaran masyarakat. Tujuan dari penelitian ini merupakan langkah awal dalam pengurangan risiko bencana kebakaran. Dalam proses penelitian yang dilakukan di Desa Kalanganyar, peneliti menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan pihak-pihak terkait yang dianggap berperan penting dalam mengkaji setiap masalah. Hal ini dilakukan untuk membuka kesadaran masyarakat akan pentingnya memahami kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko bencana kebakaran yang suatu saat terjadi secara tiba-tiba di masyarakat. Melalui proses penelitian dan pendampingan yang sudah dilakukan selama 3 bulan di Desa Kalanganyar menyimpulkan perlu diadakan pendidikan sebagai langkah awal terbangunnya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana kebakaran. Selain itu juga dilakukan pembuatan peta sebagai media informasi dan sarana pembelajaran masyarakat dalam memahami kawasannya. Riset partisipatif ini diharapkan mampu menjadi stimulus bagi masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi risiko bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Nizamudin Imamnizamudinimam229a@gmail.comB92215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abdul MudjibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Kebakaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Santoso Nizamudin Imam
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:27
Last Modified: 13 Aug 2019 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34437

Actions (login required)

View Item View Item