Peran Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jawa Timur dalam membantu pemerintah Tiongkok untuk mempererat hubungan bilateral dengan pemerintah Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Eva Putriya (2019) Peran Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jawa Timur dalam membantu pemerintah Tiongkok untuk mempererat hubungan bilateral dengan pemerintah Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Putriya Hasanah_I72215013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jawa Timur dalam membantu pemerintah Tiongkok untuk mempererat hubungan bilateral dengan pemerintah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara. Peneliti menemukan bahwa terdapat empat peran PITI dalam diplomasi publik yang dapat membantu pemerintah Tiongkok. Peran-peran tersebut adalah pertama, peran PITI untuk memperkenalkan budaya Tiongkok ke masyarakat Indonesia. Kedua, peran PITI untuk memperkenalkan identitas muslim tionghoa. Ketiga, peran PITI dalam kehidupan sosial masyarakat. Keempat, peran PITI untuk menjadi mediator antara pemerintah Tiongkok dengan berbagai pihak di Indonesia. Meski terdapat peran-peran PITI dalam diplomasi publik yang dapat membantu pemerintah Tiongkok di Indonesia, Namun PITI merupakan organisasi masa Islam yang berdiri sendiri tanpa memiliki keterkaitan dengan pemerintah maupun politik termasuk juga tidak memiliki hubungan politik dengan pemerintah Tiongkok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Eva Putriyaevapoutriya@gmail.comI72215013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, ZakyZaky.politikislam@gmail.com198212302011011007
Subjects: Politik Internasional
Keywords: PITI; Strategi; Tiongkok; Indonesia; Diplomasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Hasanah Eva Putriya
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:32
Last Modified: 14 Aug 2019 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34451

Actions (login required)

View Item View Item