Makna Komunikasi Ritual Seblang: Studi Fenomenologi pada Pelaku Seblang di Kelurahan Bakungan Kecamatan Glagah Banyuwangi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akhmad, Wildania Mafazza (2019) Makna Komunikasi Ritual Seblang: Studi Fenomenologi pada Pelaku Seblang di Kelurahan Bakungan Kecamatan Glagah Banyuwangi. Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Dinar Ayu Chandra Agustin_F02717220.pdf

Download (19MB)

Abstract

Banyuwangi merupakan Kabupaten yang berada di ujung Timur pulau Jawa. Banyuwangi dihuni oleh berbagai suku yang membawa budayanya masing-masing. Suku Osing yang merupakan masyarakat asli Banyuwangi mempunyai tradisi Seblang yang sudah ada sejak dulu dan diwariskan kepada generasi penerus sampai sekarang. Upacara adat Seblang dilaksanakan di Kelurahan Bakungan, yang terletak di Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. Seblang sebagai kesenian tradisional diharapkan dapat menarik wisatawan sehingga dapat mendukung objek wisata budaya maupun wisata alam di Kabupaten Banyuwangi khususnya di Kecamatan Glagah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelititan ini adalah penelitian kualitatif analisis deskriptif. Sedangkan teori yang digunakan adalah fenomenonologi dimana teori ini menjelaskan tentang makna fenomenologi yaitu sebuah realitas, atau tampak. Fenomena yang tampak adalah refleksi dari realitas yang tidak berdiri sendiri. Adapun motif yang dikemukakan Afled Schutz ada dua fase yaitu because motive dan in order to motive. Hasil penenelitian menunjukkan adanya makna simbol verbal dan non verbal serta motif yang ada pada ritual seblang. Sedangkan temuan hasil penelitian menunjukkan adanya dampak dari segi ekonomi serta fungsi keagamaan bagi masyarakat Kelurahan Bakungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akhmad, Wildania Mafazzafazaardakhan@gmail.comF02717237
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLilik Hamidah, LilikUNSPECIFIED197312171998032002
Subjects: Budaya
Keywords: Ritual Seblang; Kelurahan Bakungan;Makna; Motif
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Akhmad Wildania Mafazza
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:42
Last Modified: 12 Aug 2019 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34709

Actions (login required)

View Item View Item