Pendampingan komunitas Janda dan Lansia dalam menghadapi bencana angin puting beliung Di Desa Tambakrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudzakir, Ahmad Tazul (2019) Pendampingan komunitas Janda dan Lansia dalam menghadapi bencana angin puting beliung Di Desa Tambakrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Tazul Mudzakir_B92215064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan komunitas janda dan lansia dalam menghadapi bencana angin puting beliung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi tingkat risiko bencana dan menciptakan rasa kesiapsiagaan dari ancaman bencana angin. Kerentanan masyarakat terhadap ancaman bencana angin yang terjadi karena belum ada pemahaman masyarakat tentang bencana. Dan selama ini tindakan masyarakat terhadap bencana masih dalam tahap reponsif belum sampai pada tahap preventif. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Dalamm penerapan metode PAR ini, peneliti harus membaur dengan kehidupan masyarakat sehari-hari untuk membangun sebuah kepercayaan antara masyarakat dengan peneliti. PAR merupakan penelitian yang melibatkan semua pihak yang relevan (stakeholder) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan dalam rangka melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode PAR yaitu agenda riset bersama, merumuskan masalah dan membuat perencanaan yang strategis bersama komunitas. Proses pendampingan ini melakukan upaya pra bencana dengan membangun kesadaran masyarakat terhadap bencana terutama pengurangan risiko bencana. Pengurangan risiko bencana sangat penting bagi masyarakat, terutama masyarakat yang masuk kategori kerentanan fisik. Sehingga pengurangan risiko bencana merupakan jalan keluar untuk masalah kebencanaan. Dengan adanya pengurangan risiko bencana dan rasa siap siaga diharapkan mampu mengurangi dampak yang diakibatkan bencana alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudzakir, Ahmad TazulMuhammaddakir.md@gmail.comB92215064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, ChabibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Janda; Lansia; Angin Puting Beliung
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mudzakir A. Tazul
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:44
Last Modified: 13 Aug 2019 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34787

Actions (login required)

View Item View Item