Pesan Dakwah "Haru Biru Kekasihku" Karya Emha Ainun Nadjib (Analisis Semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad Zarkasih A, Arik (2019) Pesan Dakwah "Haru Biru Kekasihku" Karya Emha Ainun Nadjib (Analisis Semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zarkasih A_B01215027.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pesan dakwah yang disampaikan dalam puisi karya Emha Ainun Nadjib yang berjudul “Haru Biru Kekasihku” ? Bagaimana makna kode hermenuetik, semik, simbolik, proaretik, dan gnomik dalam puisi “Haru Biru Kekasihku” karya Emha Ainun Nadjib? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis non kancah atau study literature. Menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi berupa teks puisi karya Emha Ainun Nadjib, lalu diobservasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapat hasil yang akurat. Kesimpulan penelitian ini, bahwa puisi “Haru Biru Kekasihku” karya Emha Ainun Nadjib mengandung tiga unsur pesan dakwah akidah, syari’ah, dan akhlaq. Pesan akidah adalah mengajak masyarakat untuk iman kepada Allah, iman kepada malaikat Allah dan iman kepada qodho’ dan qodhar. Pesan syari’ah adalah mengajak untuk khusyu’ dalam beribadah. Pesan akhlaq adalah mengajak masyarakat untuk menjaga akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap alam semesta, dan dari 5 kode yang lebih dominan dalam puisi “Haru Biru Kasihku” adalah kode hermeneutik dan kode proaretik. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya agar bisa mengembangkan lebih dalam mengenai penelitian analisis Semiotika Roland Barthes pada puisi yang lebih berkualitas untuk dijadikan pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad Zarkasih A, Arikzarkasiharifin38@gmail.comB01215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Kesusastraan
Komunikasi
Puisi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zarkasih A Muhammad
Date Deposited: 13 Aug 2019 08:37
Last Modified: 13 Aug 2019 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34879

Actions (login required)

View Item View Item