Peningkatan kapasitas Jamiyah Istighotsah Putri dalam pengolahan kopi di Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Annisa Mujahidatul (2019) Peningkatan kapasitas Jamiyah Istighotsah Putri dalam pengolahan kopi di Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Annisa M F_B52215024_PMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan dengan iklim tropis mempunyai kekayaan alam yang menjadi komoditas unggulan, salah satunya adalah tanaman kopi. Indonesia menjadi produsen kopi terbesar urutan keempat di dunia. Salah satu daerah penghasil kopi adalah Dusun Talunongko Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Tanaman kopi memiliki bermacam manfaat baik ekonomi maupun ekologi. Namun karena petani kopi dusun ini tergolong baru, kapasitas dalam pengolahan kopi masih perlu ditingkatkan agar kopi tersebut berdampak pada lingkungan dan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dimana berbasis pada kesuksesan masa lampau dan melihat dari sudut pandang aset komunitas dalam melakukan perubahan sosial. Melalui langkah-langkah dalam Apreciative Inquiry yang terdiri dari 5-D masyarakat secara pastisipatif melakukan aksi perubahan mulai dari mempelajari, menentukan tema dan skenario perubahan (Define), menemukenali dan mengungkap aset komunitas (Discovery), membangun mimpi dan harapan proyeksi masa depan (Dream), merancang dan menyusun strategi untuk mewujudkan mimpi yang sudah dibangun dan melakukan mobilisasi aset dan aksi partisipatif dari strategi yang sudah dirancang rangkaian (Design), selanjutnya kegiatan tersebut dilengkapi dengan monitoring dan evaluasi secara partisipatif (Destiny). Strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan pengembangan aset kopi ini adalah melakukan edukasi pengolahan mulai pasca panen kopi, melakukan inovasi pengemasan, perluasan pemasaran dan pembentukan kelompok usaha bersama. Subjek dalam melakukan kegiatan ini adalah ibu-ibu anggota Jamiyah Istighotsah Putri yang memiliki aset waktu dan semangat untuk mengembangkan aset mereka. Perubahan sosial yang dihasilkan setelah proses pendampingan adalah perubahan adanya pola pikir, kepercayaan diri dan hubungan sosial ekonomi masyarakat. Secara pola pikir masyarakat memiliki wawasan baru dalam mengoptimalkan pemanfaatan aset milik mereka. Secara kepercayaan diri, mental masyarakat menajdi berani untuk membuat suatu produk dan memasarkannya. Dan secara sosial ekonomi, masyarakat mengalami peningkatan kerjasama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih mandiri dan berdikari.
Kata Kunci : Pengorganisasian, Peningkatan Kapasitas, Pemanfaatan Aset

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Annisa Mujahidatulannisafauziah897@gmail.comB52215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIED195509251991031001
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pengorganisasian, Peningkatan Kapasitas, Pemanfaatan Aset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fauziah Annisa Mujahidatul
Date Deposited: 14 Aug 2019 08:20
Last Modified: 14 Aug 2019 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34880

Actions (login required)

View Item View Item