Sistem pengendalian internal dan audit keuangan masjid: studi manajemen keuangan pada Yayasan Masjid Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Luqman (2019) Sistem pengendalian internal dan audit keuangan masjid: studi manajemen keuangan pada Yayasan Masjid Al Falah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luqman Kurniawan_F02917261.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masjid dengan potensi keuangan yang besar perlu dikelola secara profesional untuk menunjang tujuan dakwah. Namun sayangnya potensi tersebut belum teroptimalkan mengingat masih minimnya penerapan pengendalian internal dan audit keuangan masjid, sehingga praktek penggelapan atau korupsi dana masjid kerap terjadi. Di tengah fenomena tersebut terdapat Yayasan Masjid Al Falah Surabaya yang telah menerapkan pengelolaan keuangan masjid. Penelitian ini ingin menjawab tiga pertanayaan yakni, a) bagaimana konsep sistem pengendalian internal ?, b) bagaimana konsep audit keuangan masjid ?, dan c) bagaimana pelaksanaan sistem pengendalian internal serta audit keuangan pada Yayasan Masjid Al Falah Surabaya ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, penyusunan dan pelaksanaan sistem pengendalian internal (SPI) serta audit keuangan di Yayasan Masjid Al Falah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penggalian data dilakukan lewat wawancara dengan pihak pengurus dan pengawas di Yayasan Masjid Al Falah Surabaya beserta dokumen-dokumen resmi sebagai penunjang. Data yang sudah terkumpul nantinya dianalisa dengan teori manajemen keuangan, sistem pengendalian internal serta audit keuangan masjid. Dari hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan yakni, a) Sistem Pengendalian Internal (SPI) di Masjid Al Falah Surabaya menggunakan ketentuan umum dalam pengendalian internal, audit keuangan serta menyesuaikan dengan kondisi lembaga-lembaga di bawah pengurus yayasan, b) penerapan SPI dan audit keuangan dilakukan oleh Satuan Pengawas Internal (SPI) dibawah pengurus bersama dengan Komite Audit dibawah pengawas, dan c) untuk menunjang akuntabilitas dan transparansi seluruh administrasi keuangan menggunakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) nomer 45 dan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Luqmanphilosophia05@yahoo.comF02917261
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. AliUNSPECIFIED195706091983031003
Subjects: Manajemen
Masjid
Keuangan
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Luqman Kurniawan
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:49
Last Modified: 14 Aug 2019 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34899

Actions (login required)

View Item View Item