Pesan Dakwah Kh Marzuqi Mustamar dalam Program Kiswah Tv9

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Kurnia (2019) Pesan Dakwah Kh Marzuqi Mustamar dalam Program Kiswah Tv9. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Dewi B91215093.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pesan dakwah yang terdapat pada ceramah KH Marzuqi Mustamar dalam program kiswah di TV9. Masalah yang difokuskan yakni apa saja pesan akidah yang terdapat dalam ceramah KH Marzuqi Mustamar dalam program kiswah TV9?, apa saja pesan syariah yang terdapat dalam ceramah KH Marzuqi Mustamar dalam program kiswah di TV9?, apa saja pesan akhlak yang terdapat dalam ceramah KH Marzuqi Mustamar dalam program kiswah TV9?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Menggunakan jenis pendekatan konten analisis yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa vidio dari ceramah KH Marzuqi Mustamar, lalu diobservasi secara mendalam oleh peneliti untuk mendapat hasil yang akurat.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang mengandung tiga unsur pesan dakwah yaitu akidah, syariah, dan akhlak. Pesan akidah yakni mengajak umat muslim untuk tetap menyakini segala bentuk ajaran-ajaran Allah yang telah disapaikan dalam Al Quran dan hadis. Sedangkan Pesan syariah adalah mengingatkan umat muslimin untuk tetap melaksakan perintah-perintah agama, seperti melaksakan shalat, puasa, zakat, dan sebagainya. Adapun pesan Akhlak adalah bagaimana sebagai umat muslim hendaknya mampu menahan diri dalam bertindak, agar tidak menyakiti hati orang lain. Serta sebagai umat muslim hendaknya kita saling membantu dan saling mengingatkan kepada sesama umat muslim. Rekomendasi dan saran untuk penelitian selanjutnya agar bisa mengembangkan lebih dalam mengenai penelitian analisis wacana model Teun A. Van Dijk pada pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Kurniadkurnia368@gmail.comB91215093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh Alimalzis@yahoo.com-2009065701
Subjects: Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Televisi; Analisis Wacana; Teun A Van Dijk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dewi Kurnia
Date Deposited: 15 Aug 2019 06:45
Last Modified: 15 Aug 2019 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34929

Actions (login required)

View Item View Item