Model Pembinaan Keagamaan di MTs Amanatul Ummah dan MTs Abil Hasan Asy Syadzili untuk Membangun Karakter Peserta Didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusman, Haidar (2019) Model Pembinaan Keagamaan di MTs Amanatul Ummah dan MTs Abil Hasan Asy Syadzili untuk Membangun Karakter Peserta Didik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Haidar Rusman_F12316240.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi kasus. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial.Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembinaan keagamaan di MTs Amanatul Ummah yaitu melaksanakan doa bersama ketika bimbingan apel pagi dan siang, membaca Al Quran sebelum waktu belajar jam pertama, dan shalat tahajjud berjama’ah. Sedangkan pembinaan keagamaan di MTs Abil hasan Asy Syadzili adalah membaca Al Quran secara intensif, tahfidzul Quran, dan shalat dhuha berjama’ah sekaligus dzikir sayyidul istighfar. 2) Model pembinaan keagamaan dalam meningkatkan karakter peserta didik di MTs Amanatul Ummah dan MTs Abil Hasan Asy Syadzili menggunakan model pembinaan struktural dan mekanik. 3) Faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembinaan keagamaan di MTs Amanatul Ummah dan MTs Abil Hasan Asy Syadzili adalah; faktor internal, yang meliputi sumber daya manusia, dan psikis peserta didik dikedua lembaga tersebut. Faktor eksternal, yaitu lingkungan secara geografis dan sarana prasarana yang memadai, atau lingkungan masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusman, Haidarberlianlangit@gmail.comF12316240
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHusni, HusniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Adat
Keywords: Model Pembinaan Keagamaan : MTs Amanatul Ummah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rusman Moh. Haidar
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:07
Last Modified: 14 Aug 2019 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/34975

Actions (login required)

View Item View Item