This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Septiana, Tulus (2014) POLA KOMUNIKASI ORANG TUAKARIR DALAM MENDIDIK ANAK : STUDI KASUS KELUARGA MARDIANTO KOMPLEK MARINIR BLOK B NO 11 TARIK SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Ada dua hal yang ingin dikaji oleh peneliti dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana komunikasi verbal antara Orang tua dengan Anak dalam menunjang prestasi anak? (2) Bagaimana komunikasi nonverbal antara Orang tua dengan Anak dalam menunjang prestasi anak?
Untuk mengetahui persoalan tersebut secara menyeluruh, maka peneliti melakukan pengkajian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk memberikan fakta dan data mengenai pola komunikasi orang tua karir dalam mendidik anak, teknik pengumpulan data observasi dan wawancara serta analisis data yang dihubungkan serta dikaji dengan menggunakan Teori interaksionisme simbolik.
Dari penelitian yang dilakukan didapat bahwa, (1) Komunikasi verbal antara orang tua dengan anak umumnya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Salam merupakan bahasa verbal yang digunakan anak untuk menyapa ketika bertemu dengan orang tua atau orang muslim lainya, baik di dalam rumah maupun di luar rumah, (2) Komunikasi nonverbal antara orang tua dengan anak; Berjabat tangan merupakan simbol komunikasi nonverbal yang terjadi baik antar anak dengan orang tua maupun jengan orang lain. Berjabat tangan bisa dilakukan secara spontanitas ketika bertemu dengan orang tua atau orang lain yang lebih tua. Kedekatan juga merupakan simbul komunikasi yang di lakukan orang tua dengan anak, dengan kedekatan anak bisa merasakan kenyamanan dan perhatian dari orang tua. Pemberian hadiah juga termasuk simbol komunikasi nonverbal yang peneliti lihat dengan mata peneliti sendiri waktu penelitian, waktu anak mendapatkan prestasi dan orang tua pasti memberikan hadiah agar anak senang lebih giat lagi untuk belajar. Hukuman juga termasuk komunikasi nonverbal yang dilakukan orang tua untuk anak, di waktu anak melakukan kesalahan seperti nilai rapot anak menurun orang tua pasti member hukuman seperti tidak boleh bermain atau dengan hukuman tidak di kasih uang saku agar anak merasa jerah dengan hasil nilai yang dia dapat, dan mendorong anak untuk belajar lebih giat lagi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Yusuf Amrozi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Keywords: | Komunikasi Orang Tua dan Anak, Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2015 08:07 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2015 08:07 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/350 |
Actions (login required)
View Item |