Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Project Based Learning di SMA Al Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amrulloh, Mukhamad Haris (2019) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Project Based Learning di SMA Al Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhamad Haris Amrulloh_D01212077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih berperan aktif pada saat proses pembelajaran dan guru sebagai motivator. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk memahami apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian. Analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Waka Kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam serta peserta didik kelas XI SMA Al Ahmad Krian Sidoarjo.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, keaktifan dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran fikih meliputi perencanaan pembelajaran yang meliputi tiga tahap yakni pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 2) Faktor pendukung penerapan model pembelajaran Project Based Learning yaitu guru yang profesional, motivasi peserta didik yang positif, sarana pendidikan yang memadai. Faktor penghambat yaitu tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda dan kurangnya alokasi waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amrulloh, Mukhamad Harisharis.pendowo20@gmail.comD01212077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Muh.UNSPECIFIED197201815200511004
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi; Project Based Learning; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amrulloh Mukhamad Haris
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:42
Last Modified: 15 Aug 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35004

Actions (login required)

View Item View Item