Representasi Pemurnian Tauhid dalam program acara Kun Fayakun ANTV: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rukmiyati, Rukmiyati (2019) Representasi Pemurnian Tauhid dalam program acara Kun Fayakun ANTV: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rukmiyati_B01215040.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus masalah yang dikaji adalah pesan dakwah dalam program acara Kun Fayakun ANTV. Adapun tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pesan Dakwah dalam program Kun Fayakun ANTV. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori analisis semiotik model Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kemudian mengorganisasikan dan memproses data sehingga menjadi satuan yang dapat dikelola untuk menemukan apa yang penting dan yang dapat dipelajari dari data yang diperoleh. Secara umum Program Kun Fayakun ANTV Episode 100 “Pesugihan Babi Ngepet” sangat diminati oleh semua kalangan. Dengan demikian nilai-nilai yang terkandung didalamnya secara otomatis dapat diserap dan dilaksanakan oleh semua kalangan. Berdasarkan permasalahan dan kesimpulan tersebut, ditemukan pemurnian tauhid pesan Akidah yang ada dalam program Kun Fayakun ANTV Episode 100 “Pesugihan Babi Ngepet”. Masih banyak lagi pesan-pesan akidah yang terkandung di dalamnya. Kiranya tema ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya dengan fokus permasalahan yang lainnya. Berikut pesan akhlak kepada Allah yang merupakan pokok penting dalam ajaran Islam yang harus dimaknai secara komprehensif dan menjadi komitmen teologis muslim. Dan tawakkal menyerahkan hasil usaha seorang hamba kepada Allah SWT setelah mengoptimalkan segala potensinya, dan ridha dengan keputusan Allah SWT, serta berhusnuzhan kepada Allah bahwa Allah pasti lebih tahu apa yang bermaslahat untuk hamba-Nya. Pesan akidah beriman kepada Pesan Akidah tentang beriman kepada Allah yang merupakan pokok penting dalam ajaran Islam yang harus dimaknai secara komprehensif dan menjadi komitmen teologis muslim. Pesan akidah tentang beriman kepada Qada’ dan Qadar merupakan takdir Allah yang baik maupun takdir yang buruk. Sebagai komitmen human society. Beriman kepada Qada’ dan Qadar bahwa sepenuhnya yakin terhadap ketentuan Allah SWT yang berlaku bagi semua makhluk-Nya. Pesan syariat Allah dan Rasul-Nya dengan jelas melarang kita menyekutukan Allah. Dan perlu kita ketahui, musyrik itu perbuatan mungkar, yang mana hal itu merugikan dirinya sendiri dan kehidupan bermAkidah yang ada dalam tayangan program Kun Fayakun ANTV : Pesan Akidah tentang beriman kepada Allah yang merupakan pokok penting dalam ajaran Islam yang harus dimaknai secara komprehensif dan menjadi komitmen teologis muslim. Pesan Akidah tentang beriman kepada Qada’ dan Qadar merupakan takdir Allah yang baik maupun takdir yang buruk. Sebagai komitmen human society. Beriman kepada Qada’ dan qadar bahwa sepenuhnya yakin terhadap ketentuan Allah SWT yang berlaku bagi semua makhluk- Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rukmiyati, Rukmiyatirukmiyati023@gmail.comB01215040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com196812301993031003
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Dakwah > Dakwah - Media
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Program Acara; Kun Fayakun ANTV; Analisis Semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rukmiyati Rukmiyati
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:39
Last Modified: 16 Aug 2019 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35118

Actions (login required)

View Item View Item