Strategi Peningkatan Keterampilan Tartilul Qur'an Melalui Program Pembiasaan Baca Al-Qur'an (studi kasus di SMP Raudlatul Muta'alimin Lamongan)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hozin, Nor (2019) Strategi Peningkatan Keterampilan Tartilul Qur'an Melalui Program Pembiasaan Baca Al-Qur'an (studi kasus di SMP Raudlatul Muta'alimin Lamongan). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nor Hozin_F02317095.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nor Hozin, 2019. Strategi Peningkatan Keterampila Tartilul Qur’an Melalui Program Pembiasaan Baca al-Quran : studi kasus di SMP Raudlatul Muta’alimin Lamongan. Program Pascasarjana Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing : Dr. Ahmad Yusam Thobroni , M.Ag. Kata Kunci : Keterampilan Tartilul Qur’an, Pembiasaan Baca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi program pembiasaan baca al-Qur’an dalam Meningkatkan keterampilan tartilul Qur’am, bagaimana pelaksanaan program pembiasaan baca al-Qur’an, dan apa aja factor pendukung dan penghambat program pembiasaan baca al-Quran dalam Meningkatkan keterampilan tartilul Qur’an di SMP Raudlatul Muta’alimin Tegalrejo Babat Lamongan. Sehingga program pembiasaan yang laksanakan dapat meningkatkan keterampilan tartilul Qur’an siswa di SMP Raudatul Muta’alimin lamongan..Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Raudlatul Muta’alimin Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan menggunakan pendekatan fonomenologi dan selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi program pembiasaan baca al-Qur’an dalam Meningkatkan keterampilan tartilul Qur’an adalah membaca al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar dengan drill dengan menggunakan metode tahqiq, yang mana guru membaca 3 ayat al-Quran dengan jelas pelan-pelan dan fasih sesuai kaidah tajwid kemudian diikuti oleh siswa. Adapun pelaksanaan program pembiasaan baca al-Qur’an dilakukan secara rutin, dan terus menerus membaca tiga ayat yang dibacakan oleh guru dengan fasih kemudian diikuti oleh siswa dengan berulang-ulang sampai sepuluh kali, kemudian guru pembimbing mengevaluasi 3 ayat yang telah dibaca oleh guru, dengan durasi waktu 30 menit sebelum kegiatan belajar mengajar. Dan faktor pendukung program pembiasaan baca al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan tartilul Qur’an meliputi : Minat siswa yang tinggi dalam dalam membaca al-Qur’an, Bakat siswa dalam membaca al-Qur’an, lingkungan siswa dan fisik siswa yang sehat. Sedangkan penghambat program pembiasaan baca al-Qur’an dalam meningkatkan keterampilan tartilul Qur’an meliputi : Kurangnya motivasi, kurangnya perhatian guru terhadap siswa yang tidak membawa al-Qur’an, pengaruh lingkungan yang tidak mendukung siswa dalam membaca al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hozin, Nornorhozin@gmail.comF02317095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorThoroni, Ahmad Yusamnorhozin@gmail.com197107221996031001
Subjects: Keterampilan
Al Qur'an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hozin Nor
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:52
Last Modified: 15 Aug 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35124

Actions (login required)

View Item View Item