Telaah Atas Konseling Dan Psikoterapi Islam Ustaz Danu Pada Acara Siraman Qolbu Di Mnc Tv Episode 1 Maret Dan 7 Maret 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatih, Amri Muqaffi (2019) Telaah Atas Konseling Dan Psikoterapi Islam Ustaz Danu Pada Acara Siraman Qolbu Di Mnc Tv Episode 1 Maret Dan 7 Maret 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amri Muqaffi Fatih_B93215061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana keterampilan komunikasi konseling dan Psikoterapi Islam Ustaz Danu? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode content analysis dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Content analysis digunakan sebagai analisis data yang menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dari video. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa konseling dan psikoterapi Islam yang dilakukan Ustaz Danu dalam acaranya maka peneliti menggunakan data yang diambil dari proses tanya jawab dengan jamaah yang terdapat dalam rekaman video yang di upload di media sosial kemudian dideskripsikan. Selanjutnya diukur dengan aspek-aspek konseling dan psikoterapi Islam yang peneliti dapatkan dari literatur kemudian disajikan dalam penyajian data dan analisis. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Ustaz Danu menggunakan komunikasi konseling dengan memberikan konseling kedekatan dengan jemaah. Hal ini peneliti simpulkan dari aspek teori komunikasi konseling yaitu keterampilan konseling dengan attending kontak mata sebanyak 17 kali, attending bahasa tubuh sebanyak 16 kali, keterampilan refleksi dengan perasaan digunakan sebanyak 14 kali, dan refleksi pikiran seabanyak 7 kali. Dari sisi psikoterapinya yaitu taubat dan do’a yang masing-masing mendapat sebanyak 6 kali. Penelitian ini menghasilkan data berupa video bahwa Ustaz Danu memang seorang konselor dan terapis. Beliau menerapkan beberapa aspek dari teori konseling dan psikoterapi Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatih, Amri Muqaffimuqaffi.fatih@gmail.comB93215061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hana, RudyUNSPECIFIED196803091991031001
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi Islam > Komunikasi
Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Konseling Islam; Psikoterapi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fatih Amri Muqaffi
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:03
Last Modified: 16 Aug 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35185

Actions (login required)

View Item View Item