Implementasi kurikulum Institut Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (IIPIA) pada pembelajaran mahasiswa di Mahad Umar Bin Al Khattab Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nilamsani, Astri (2019) Implementasi kurikulum Institut Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (IIPIA) pada pembelajaran mahasiswa di Mahad Umar Bin Al Khattab Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Astri Nilamsani_F12316221.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum memegang peranan penting demi terwujudnya tujuan pendidikan, Komponen kurikulum yaitu tujuan, materi, strategi dan evaluasi harus tersinergikan dalam suatu design kurikulum. IIPIA hingga saat ini menjadi Lembaga rujukan pembelajaran studi islam dan bahasa Arab demikian juga dengan kurikulumnya yang telah terbukti. Mahad Umar bin Al Khattab sebagai Lembaga yang ingin mengikuti jejak IIPIA dalam berkiprah di bidang dakwah islam mengimplementasikan kurikulum IIPIA tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang implementasi kurikulum Institut Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (IIPIA) pada pembelajaran mahasiswa di Mahad Umar bin Al Khattab Surabaya. Dengan sub fokus mencakup; implementasi kurikulum, desain kurikulum pada pembelajaran, dan kendala implementasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan metode induktif, reduksi data, paparan dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahad Umar bin Al Khattab Surabaya mengimplementasikan kurikulum IIPIA secara utuh dengan semua komponen kurikulum dan buku, desain kurikulum teroganisir dengan corelated curriculum, dalam implementasi terdapat kendala teknis yang dihadapi berupa fasilitas, pengajar, dan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nilamsani, Astrinilamnajwa617@gmail.comF12316221
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatus@yahoo.com196903211994032003
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nilamsani Astri
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:48
Last Modified: 16 Aug 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35250

Actions (login required)

View Item View Item