Karakteristik Kemampuan Kognitif dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Tingkat Baca Al Quran: Studi Kasus di MTs Robithotul Ashfiya’ Sidokumpul dan MTs Nurul Huda Grogol Masangan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alluma'i, Tsuroiyya (2019) Karakteristik Kemampuan Kognitif dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Tingkat Baca Al Quran: Studi Kasus di MTs Robithotul Ashfiya’ Sidokumpul dan MTs Nurul Huda Grogol Masangan Bungah Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsuroiyya Alluma'i_F52317382.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berawal dari adanya fenomena yang terjadi di masyarakat bahwa mereka lebih mendahulukan pendidikan lain daripada pendidikan al-Qur’an dengan alasan agar anaknya tumbuh lebih cerdas serta kurangnya penekanan dalam ketepatan bacaan al-Qur’an membuat penulis ingin meneliti karakteristik kemampuan kognitif anak dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan tingkat baca al-Qur’an serta hal-hal yang mempengaruhinya. Penelitian ini mengambil tempat di MTs Robithotul Ashfiya’ Sidokumpul dan MTs Nurul Huda Grogol Masangan Bungah Kabupaten Gresik dengan subjek penelitian sembilan murid kelas tujuh dan sembilan murid kelas delapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode komparatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah meneliti, mengolah data, dan menganalisis hasil temuan penelitian, didapatkan beberapa karakteristik kemampuan kognitif anak dalam pelajaran PAI, yaitu: (a) Anak yang memiliki tingkat baca al-Qur’an tinggi (bagus) mampu mencapai level keenam dalam taksonomi Bloom yaitu mencipta (create), (b) Anak yang memiliki tingkat baca al-Qur’an sedang, mampu mencapai level ketiga dalam taksonomi Bloom yaitu menerapkan (apply), (c) Anak yang memiliki tingkat baca al-Qur’an rendah (kurang), mampu mencapai level kedua dalam taksonomi Bloom yaitu memahami (understood). Hal-hal yang mempengaruhi tingkat baca al-Qur’an di antaranya: keluarga, program pembinaan, guru atau pembina, penggunaan gadget, target hapalan yang terlalu banyak. Dengan adanya penelitian ini diharapkan setiap orangtua dan pendidik untuk lebih mengedepankan pendidikan al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alluma'i, Tsuroiyyatsuroiyya86@gmail.comF52317382
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.UNSPECIFIED195303051986031001
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Minat Baca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alluma'i Tsuroiyya
Date Deposited: 19 Aug 2019 07:50
Last Modified: 19 Aug 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35383

Actions (login required)

View Item View Item