Daya tarik Radio Dakwah bagi generasi Millenial: studi pada pendengar program Muslim Muda Millenial Radio Suara Muslim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kohar, Abdul (2019) Daya tarik Radio Dakwah bagi generasi Millenial: studi pada pendengar program Muslim Muda Millenial Radio Suara Muslim Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Kohar_F02717213.pdf

Download (1MB)

Abstract

Radio dikatakan sebagai salah satu media yang akan ditinggalkan oleh generasi millennial. Padahal mereka adalah pendengar masa depan. Sehingga penting untuk meneliti apa yang menjadi minat atau kebutuhan generasi millennial pada radio, terutama terkait penyiaran program dakwah, agar pendengar radio terus berkelanjutan. Penelitian dilakukan di Radio Suara Muslim Surabaya, dengan subjek penelitian pendengar program Muslim Muda Millenial. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apa yang menjadi daya tarik siaran dakwah Radio Suara Muslim Surabaya pada program Muslim Muda Millenial? 2) Apa motif generasi millennial mengikuti program Muslim Muda Millenial?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan faktor – faktor penting yang menjadi daya tarik program radio dakwah dan menganalisis preferensi pendengar millennial pada program Muslim Muda Millenial. Penelitian menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi dan juga studi dokumentasi. Analisis data bersifat induktif kualitatif dengan mengkonstruksi wawancara – wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) faktor terpenting yang menjadi daya tarik siaran radio dakwah bagi generasi millennial, yakni 1) Faktor tema, dengan kriteria : tema yang mengundang rasa penasaran, bermuatan informasi baru dan berdekatan dengan kebutuhan. 2) Faktor narasumber, dengan kriteria gaya yang tidak monoton, suka bercanda, bahasa anak muda, empatik dengan gaya ringan dan santai. 3) Faktor Waktu, dimana akhir pekan dianggap sangat pas untuk anak – anak muda millennial yang ingin nongkrong atau hang out di kafe, seiring dengan maraknya bisnis kafe disertai fasilitas akses wifi gratis. Sementara motif mengikuti program Muslim Muda Millenial adalah 1) Informasi, yakni untuk mendapatkan materi kajian keislaman seputar remaja. 2) Interaksi sosial, yakni untuk mendapatkan teman baru dan terlibat dalam kominitas anak muda. 3) Hiburan Positif, yakni untuk menghabiskan akhir pekan dengan kegiatan yang positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kohar, Abdulabdulkohar938@gmail.comF02717213
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, NurUNSPECIFIED195808071986031002
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Radio - Penyiaran
Keywords: Daya Tarik; Siaran; Radio Dakwah; Generasi Millennial
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdul Kohar Kohar
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:18
Last Modified: 20 Aug 2019 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35414

Actions (login required)

View Item View Item