This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mukamil, Mukamil (2015) FLUENCY AND ACCURACY IN IMPLICATIONS FOR SPEAKING FOR FORMAL SETTING SPOKEN ENGLISH OF EFL LEARNERS CLASSROOM PRACTICE IN SPEAKING FOR FORMAL SETTING. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Kelancaran dan ketepatan merupakan elemen utama dalam ketrampilan berbicara.
Namun, pelajar yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing mendapati
kesulitan menguasai ketrampilan berbicara karena bahasa inggris dianggap aneh
dibandingkan dengan bahasa ibu mereka. Kesulitan yang mereka dapati meliputi
beberapa aspek bahasa seperti; kelancaran atau ketepatan mencakup tata bahasa, kosa
kata dan pelafalan. Cara yang terbaik untuk meningkatkan ketrampilan berbicara
melalui latihan dan praktek. Dalam hal ini, pelajar diharapkan mampu mengetahui cara
pelafalan, pemilihan kosa kata dan tata bahasa yang tepat melalui praktek berbicara
menggunakan bahasa inggris. Salah satu praktek tersebut adalah kelas berbicara formal
yang merupakan mata kuliah wajib dalam program studi (Prodi) pendidikan bahasa
inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Oleh karenanya,
penelitian ini menekankan dua komponen utama yakni deskripsi kelancaran dan
ketepatan ketrampilan berbicara oleh sembilan mahasiswa di kelas Berbicara Formal
Tahun Ajaran 2014-2015 dan juga sejauh mana kelancaran dan ketepatan berbicara
mahasiswa mempengaruhi skor berbicara mereka. Penelitian ini merupakan penelitian
deskiptif qualitatif yang meneliti kelancaran dan ketepatan berbicara sembilan
partisipan di kelas Berbicara Formal Tahun Ajaran 2014-2015. Partisipan merupakan
mahasiswa semester empat yang berada di kelas berbicara tingkat empat atau tingkat
terakhir di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini
menggunakan instrumen observasi dimana peneliti menerapkan observasi non
partisipan selama tiga sesi pertemuan yang didukung oleh penggunaan checklist. Selain
itu, wawancara tersturktur juga digunakan demi memperoleh perspektif atau pandangan
dosen mengenai ketrampilan berbahasa mahasiswa. Peneliti juga merekam dan
kemudian mentranskrip data hasil praktek berbicara partisipan. Dokumen meliputi
skala penilaian untuk masing masing elemen; kelancaran dan ketepatan juga digunakan
sebagai instrumen penilaian terhadap tiap partisipan yang mana akan dihubungkan
dengan skor berbicara yang mereka peroleh dari dosen. Keseluruhan data dianalisis
secara deskriptif dan naratif. Penelitian ini menemukan bahwa kelancaran dan
ketepatan partisipan mencakup beberapa tingkat. Tiga tingkat kelancaran meliputi (1)
lancar, (2) cukup lancar (3) tidak lancar, sedangkan dua tingkat ketepatan meliputi (1)
ekstensif dan (2) sedang. Selanjutnya, elemen kelancaran mempengaruhi 50% dari
keseluruhan skor berbicara sedangkan elemen ketepatan hanya mempengaruhi 20%
dari keseluruhan skor berbicara. Untuk 30% yang tersisa merupakan elemen berbicara
yang lain seperti penyampaian.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Rizka safriyani, Zulidyana Dwi Rusnalasari | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Inggris Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Fluency; Accuracy; Speaking skill; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Jan 2016 03:58 | ||||||
Last Modified: | 19 Jan 2016 03:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3553 |
Actions (login required)
View Item |