Hubungan antara intensitas melakukan puasa sunnah dengan Self Control

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Fairuz Silmi (2019) Hubungan antara intensitas melakukan puasa sunnah dengan Self Control. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fairuz Silmi Nabilah_B07212048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu hubungan positif antara intentitas melakukan puasa sunnah dengan self control.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode uji validitas konstrak sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester akhir fakultas psikologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara antara intentitas melakukan puasa sunnah dengan self control. Semakin tinggiintensitas melakukan puasa sunnah maka semakin tinggi tingkat self control. Sebaliknya, semakin rendahintensitas melakukan puasa sunnahmaka semakin rendah tingkat self control. Maka hipotesis pada penelitian ini diterima.Hasil penelitian ini sesuai dengan apa yang dikemukakan olehShidiq (2016) bahwa puasa bukan hanya ibadah yang mengharuskan seseorang untuk menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu. Namun, puasa juga bermanfaat secara psikologis, seperti berpengaruh positif terhadap emosi dan perilaku, serta bermanfaat dari sisi kemanusiaan. Seperti melatih empati, mengendalikan emosi, serta melatih kesabaran.Puasa juga menjadi salah satu cara mengendalikan diri. Pengendalian diri tersebut memiliki beberapa fungsi, seperti membatasi seseorang bertingkah laku negative

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Fairuz Silmifairuzsilmi.nabilah@gmail.comB07212048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, RizmaUNSPECIFIED1974031219990320001
Subjects: Psikologi
Puasa > Puasa Sunat
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nabilah Fairuz Silmi
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:03
Last Modified: 11 Sep 2019 06:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35591

Actions (login required)

View Item View Item