Supervisi Akademik dalam peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'alie, Nawwal (1997) Supervisi Akademik dalam peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nawwal Ma'alie_D93215079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Implementasi Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Hal tersebut dilatar belakangi oleh kegiatan guru yang menyambung pada proses supervisi yang ada di sekolah yakni supervisi akademik. Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah memberikan sebuah dorongan bagi kompetensi pedagogik guru teruma kegiatan belajar mengajar di kelas. Pembahasan dari penelitian ini memuat pelaksanaan supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru, dan implementasi pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik, untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, dan untuk mengetahui implementasi pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di MTs Ihyaul Ulum Dukun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci yang didukung dengan waka kurikulum dan waka kesiswaan dan juga guru. Penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelakasanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dengan peranannya sebagai supervisor sesuai dengan jadwal yakni setiap satu semester sekali dengan peran sebagai koordinator, pemimpin, konsultan dan evaluator. (2) Kompetensi pedagogik yang ditandai dengan penerapan indikator dari kompetensi pedagogik yang mana dari penguasaan karakteristik siswa, bahan materi ajar sesuai kurikulum, teori, menguasai proses pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi dan melakukan refleksi serta melakukan penilaian dan evaluasi. (3) Dari hasil implementasi memunculkan implikasi pelaksanaan supervisi akademik dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru terdapat peningkatan terhadap kompetensi pedagogik guru yang terbukti dengan hasil rekapan penilaian supervisi akademik dan dapat diketahui bahwa guru mengalami peningkatan kompetensi pedagogik dengan presentase 80,68%, hal ini menunjukkan ada peningkatan dengan supervisi akademik sebelumnya yang hanya 79,22%. Jadi dampaknya ialah adanya peningkatan sebesar 1,48% dari hasil pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'alie, Nawwalnawwangalie@gmail.comD93215079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, A.Z.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Muhammad NurilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Supervisi akademik; kompetensi pedagogik guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ma'alie Nawwal
Date Deposited: 02 Oct 2019 04:57
Last Modified: 02 Oct 2019 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35750

Actions (login required)

View Item View Item