Pengembangan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dengan pendekatan Metacognitive Guidance untuk melatih Literasi Matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnani, Siti Ma'rifatun Nikmah (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning dengan pendekatan Metacognitive Guidance untuk melatih Literasi Matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ma’rifatun Nikmah Isnani_D74215110.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran model problem based learning dengan pendekatan metacognitive guidance untuk melatih literasi matematis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui literasi matematis peserta didik setelah dilakukannya proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Uji coba penelitian ini dilakukan pada 32 peserta didik kelas VIII- A SMPN 1 Wonoayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, teknik validasi, teknik observasi, teknik angket, dan teknik tes literasi matematis. Dari analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : SMPN 1 Wonoayu menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional. Kevalidan perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan RTV RPP sebesar 4,08 dan RTV LKPD sebesar 4,00. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan penilaian kepraktisan RPP satu nilai A dua nilai B dan LKPD mendapat nilai B. Penerapan pembelajaran dikatakan “efektif “ terdiri dari aktivitas peserta didik memenuhi kriteria “efektif“ dengan persentase sebesar 95,84 %, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria “efektif” dengan rata-rata skor sebesar 3,72 yang berarti dalam kategori “baik” dan respon positif peserta didik sebesar 88,5 %. Literasi matematis peserta didik dengan kategori literasi matematis tinggi sebesar 31,25 %, peserta didik dengan kategori literasi matematis sedang sebesar 53,12 % yang berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat melatih literasi matematis peserta didik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnani, Siti Ma'rifatun Nikmahsitimarifatun1@gmail.comD74215110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIED198309262006042002
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Isnani Siti Ma'rifatun Nikmah
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:19
Last Modified: 08 Oct 2019 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35870

Actions (login required)

View Item View Item