Analisis Historiografi terhadap Manuskrip Jawa kelahiran Nabi Muhammad SAW

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Perwitasari, Emma Hidayah (2009) Analisis Historiografi terhadap Manuskrip Jawa kelahiran Nabi Muhammad SAW. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emma Hidayah Perwitasari_A02304022.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/35945

Abstract

Manuskrip merupakan salah satu warisan budaya leluhur bangsa atau dapat juga disebut sebagai warisan nenek moyang kita yang diturunkan secara turun­temurun sejak dulu sampai sekarang, dengan tiga rumusan masalah yang mencakup pertama, Bagaimana latar belakang dan asal-usul penulisan manuskrip kedua, bagaimana isi teks manuskrip ketiga, bagaimana corak penulisan sejarah Jawa tentang kelahiran Nabi Muhammad. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori atau konsep strukturalisme­ fungsionalis Jean Piaget sebagai pendekatan dan metode analisis, sedangkan metode yang digunakan pada teks naskah adalah filologi dengan menyertakan edisi diplomatik dan edisi biasa untuk mengetahui corak penulisan sejarah Jawa pada kronik kelahiran Nabi Muhammad dalam Manuskrip Sejarah Nabi Muhammad. Secara umum dapat disimpulkan bahwa sejarah Nabi Muhammad merupakan salah satu karya sastra yang berasal dari wilayah Sumenep yang ditulis oleh seseorang yang bernama Nur Buat yang tidak diketahui tahun penulisan naskah. Adapun alasan penulisan naskah adalah adanya kesetiaan terhadap kekuruaor) kerajaan, agama serta jaminan kesetiaan terhadap penguasa pada saat itu dengan pernyataan-pernyataan yang mengandung nilai dan sikap yang dimiliki masyarakat Jawa pada saat itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Perwitasari, Emma HidayahUNSPECIFIEDA02304022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Manuskrip
Nabi Muhammad
Keywords: Historiografi; Manuskrip Jawa; kelahiran Nabi Muhammad SAW
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2019 08:51
Last Modified: 15 Oct 2019 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/35945

Actions (login required)

View Item View Item