Tinjauan hukum Islam dan Perdata terhadap jual beli Sistem Mystery Box di Situs www.bukalapak.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomarudin, Mohamad Rokib (2019) Tinjauan hukum Islam dan Perdata terhadap jual beli Sistem Mystery Box di Situs www.bukalapak.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Rokib Qomarudin_C92215121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Hukum Islam dan Perdata terhadap Jual Beli Sistem Mystery Box di Situs www.bukalapak.com”. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktik jual beli sistem mystery box di situs www.bukalapak.com dan bagaimana pandangan hukum Islam dan hukum Perdata terhadap jual beli sistem mystery box di situs www.bukalapak.com. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan kemudian ditarik kesimpulan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwasanya, (1) jual beli sistem mystery box adalah jual beli online di mana pembeli hanya mengetahui informasi mengenai jenis barang dan selebihnya barang akan ditentukan oleh penjual. Selain hal tersebut para pelapak yang menjual mystery box tidak memberikan kesempatan bagi pembeli untuk mengembalikan mystery box yang telah dibeli. (2) Menurut hukum Islam, jual beli sistem mystery box di mana barang yang dijual tidak diketahui namun dijelaskan jenisnya maka jual beli diperbolehkan. (3) Adapun hukum Perdata menyatakan praktik jual beli sistem mystery box tidak memenuhi salah satu syarat perjanjian yang ada pada Pasal 1320 KUH Perdata khususnya perihal “sebab yang halal” di mana dalam aturan bukalapak mengenai transaksi pelapak nomor 23 diterangkan bahwa pelapak tidak boleh menggunakan klausula baku salah satunya adalah tidak menerima komplain dan pengembalian barang oleh pembeli, sehingga menurut pasal 1337 KUH Perdata perjanjian jual beli ini bertentangan dengan undang-undang yang berlaku yaitu peraturan dari bukalapak. Dari hal tersebut dapat dikatakan jual beli sistem mystery box di situs bukalapak dapat dikatakan batal demi hukum. Melihat hal tersebut adakalanya calon pembeli agar berfikir ulang untuk membeli barang yang belum jelas wujudnya dan lebih mempertimbangkan kebutuhan daripada emosi dalam mengambil keputusan jual beli. Juga tentu bagi bukalapak untuk mempertimbangkan para pelapak yang menggunakan klausula baku yang membuka peluang untuk merugikan pembeli seperti yang ada pada pelapak bukalapak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomarudin, Mohamad Rokibmohamadrokibq22@gmail.comC92215121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, NurhayatiUNSPECIFIED196806271992032001
Subjects: Hukum Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Sistem Mystery Box; www.bukalapak.com
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Qomarudin Mohamad Rokib
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:52
Last Modified: 23 Oct 2019 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36013

Actions (login required)

View Item View Item