Analisis Terhadap Pandangan Ulama Nahdlatul Ulama (NU) dan Ulama Muhammadiyah Mengenai Makanan Yang Disajikan dalam Tradisi Malam Satu Sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Binti Ulil (2019) Analisis Terhadap Pandangan Ulama Nahdlatul Ulama (NU) dan Ulama Muhammadiyah Mengenai Makanan Yang Disajikan dalam Tradisi Malam Satu Sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Ulil Hasanah_C86215012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Terhadap Pandangan Ulama Nahdlatul Ulama (NU) dan Ulama Muhammadiyah Mengenai Makanan Yang Disajikan dalam Tradisi Malam Satu Sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung” merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, yaitu: Bagaimana gambaran makanan yang dipersiapkan dalam tradisi malam Satu Sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung ? dan Bagaimana pandangan Ulama Nahdlatul Ulama dan Ulama Muhammadiyah mengenai makanan yang disajikan dalam tradisi malam Satu Sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung ?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data tentang makanan yang disajikan dalam tradisi malam satu sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, yang dianalisis dengan teknik analisis komparatif untuk memperlihatkan persamaan dan perbedaan pola pikir.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perayaan acara Kenduri/arak makanan merupakan salah satu rangkaian acara pada tradisi malam Satu Sura di Dusun Kemiri Desa Getas Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Makanan tersebut berupa tumpeng dan gunungan hasil sedekah bumi, yang isinya antara lain daging ayam, daging sapi, urap-urap, dan lain-lain. Makanan diarak ke Gunung Payung dan ditaruh di depan patung Buddha, kemudian warga melakukan ritual yaitu sesajen, pemandian patung Buddha dan lain-lain. Setelah melakukan ritual, makanan tersebut dimakan semua warga. Acara ini diikuti oleh semua warga baik yang beragama Buddha, Kristen, Katolik dan Islam. Menurut Ulama Nahdlatul Ulama memakan makanan yang disajikan dalam acara tersebut hukumnya haram jika berupa daging sembelihan. Namun jika bukan merupakan daging sembelihan boleh dimakan. Metode istinbat yang digunakan ada dua yakni pertama cenderung menggunakan istinbat yang langsung merujuk pada dalil Alquran Surah Al-Maidah ayat 3, kedua metode qauly yakni merujuk pada kitab-kitab terdahulu yaitu Fathul Muin. Sedangkan menurut Ulama Muhammadiyah semua makanan yang disajikan dalam acara tersebut haram dimakan, baik yang berupa hewan sembelihan maupun yang bukan merupakan hewan sembelihan. Metode istinbat yang digunakan adalah cenderung menggunakan istinbat yang langsung merujuk pada dalil Alquran Surah Al-Maidah ayat 3 dan Albaqarah ayat 168. Meskipun dalam hukum memakan makanannya pandangan Ulama NU dan Muhammadiyah berbeda, tetapi keduanya sama-sama menggunakan dasar Surah Al-Maidah ayat 3 dalam menetapkan hukum. Pada akhir penulisan ini, Penulis menyarankan untuk tetap menghormati dan menjaga kerukunan antar pemeluk agama dan tetap berpegang teguh terhadap keyakinan kebenaran agama masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Binti UlilKonyel.mawon@gmail.comC86215012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiza, A. Kemalkemalespe@yahoo.com197507012005011008
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Hasanah Binti Ulil
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:10
Last Modified: 25 Oct 2019 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36038

Actions (login required)

View Item View Item