Pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Aisyah (2010) Pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Wahyuni_D01206093.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36118

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian yang berjudul Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sampang. Di latar belakangi dengan Televisi yang merupakan media yang paling dekat dengan masyarakat. Dengan demikian akibat dari minimnya minat belajar mereka, maka di khawatirkan dengan adanya tayangan televisi dan keseringannya mereka menonton akan membawa pengaruh yang kurang baik terhadap disiplin belajar mereka di sekolah. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1)untuk mengetahui frekuensi Siswa di SMP Negeri 1 Sampang dalam menonton tayangan televisi, (2) untuk mengetahui disiplin belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sampang, (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sampang. Adapun data-data penelitian ini di himpun dari SMP Negeri 1 Sampang yang merupakan obyek penelitian, dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa angket dan wawancara (interview). Berkenaan dengan itu, jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti ada tidaknya pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar Siswa di SMP Negeri 1 Sampang adalah penelitian kuantitatif. Selain itu penelitian yang dilaksanakan juga merupakan penelitian yang bersifat korelasional, karena penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan angka-angka atau hubungan antara kedua variabel. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan dari perhitungan dengan menggunakan rumus "r" product moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) frekwensi menonton televisi adalah tennasuk dalam kategori selalu menonton. Hal ini terbukti dari hasil prosentase responden sebesar 80,96, (2) disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampang adalah termasuk disiplin. Hal ini terbukti dari basil prosentase responden sebesar 84,3, (3) adanya pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampang dapat dikatakan berpengaruh. Hal ini terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan nilai rxy sebesar 0,98 sedangkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampang dapat di interprestasikan pada tabel interprestasi "r" product moment. Pada tabel interprestasi menyatakan r - 0,80-1,00 menunjukkan terdapat korelasi yang sangat tinggi, sehingga untuk tingkat pengaruh pengaruh tayangan televisi terhadap disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Sampang dapat dikatakan mempunyai korelasi yang sangat tinggi karena nilai rxy 0,98.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Aisyah--D01206093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamim, Nur--196203121991031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Tayangan televisi; disiplin belajar; belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:28
Last Modified: 08 Nov 2019 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item