This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lucha, Nadia Fita (2009) Urgensi belajar mandiri (Self Motivated Learning) dalam memahami mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indopnesia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nadia Fita Lucha_D31205048.pdf Download (3MB) |
Abstract
Di satu sisi tantangan kehidupan semakin keras, dan masalah yang menghadang kehidupan manusia semakin banyak, di sisi lain biaya pendidikan dalam system tradisional semakin mahal. Satu segi yang menguntungkan pada masa ini adalah semakin tersedianya sumber-sumber belajar yang dapat dipelajari sendiri, tanpa perlu banyak bantuan dari orang lain. Yang mana sumber-sumber tersebut berupa pustaka atau buku-buku. Belajar mandiri merupakan kegiatan belajar yang memberikan otonomi penuh kepada pembelajar. Dengan kata lain belajar mandiri juga dapat dikatakan sebagai kegiatan belajar dengan atau tanpa bantuan dari orang lain. Dari latar belakang di atas, muncul beberapa rumusan masalah yang dapat diangkat; pertama Bagaimana implementasi belajar mandiri (self motivated learning) dalam mcmahami mata kuliah pendidikan agama Islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya, kedua Bagaimana pemahaman mahasiswa dalam memahami mata kuliah pendidikan agama Islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya, ketiga bagaimana urgensi belajar mandiri (self motivated learning) dalam memahami mata kuliah pendidikan agama Islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya. Peneliti an ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualiatif namun tidak memungkiri adanya data numerik yang berupa angka-angka dan untuk mendapatkan data tentang urgensi bclajar mandiri (self motivated learning) dalam memahami mata kuliah pendidikan agama Islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra Indonesia UNIPA Surabaya. Setelah data terkumpul penelitian dianalisis dengan menggunakan metode observasi, dokumcntasi, angkct. Dan interview. kcmudian penelitian dideskriptifkan untuk mendapatkan kcsimpulan dengan menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar mandiri cukup penting atau urgen dalam memahami mata kuliah pendidikan agama Islam di FKIP jurusan bahasa dan sastra lndonesia UN IPA Surabaya. Hal tersebut dapat dibuktikan pada tabel no 7, 8, 9 10, 11, 12. Dengan indikator-indikator sebagai berikuit: Menumbuhksn motivasi, mempermudah mengingat materi, meningkatkan keterampilan, mempennudah pemahaman. memecahkan masalah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
||||||||
Keywords: | Belajar mandiri; Self Motivated Learning; memahami mata kuliah; Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2019 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2019 08:14 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36148 |
Actions (login required)
View Item |