Studi komparasi tentang keberhasilan belajar siswa dengan menggunakan strategi Writing in the here and now (Menulis Disini dan Saat Ini) dan metode Ceramah pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Tarik Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Eka Nur (2010) Studi komparasi tentang keberhasilan belajar siswa dengan menggunakan strategi Writing in the here and now (Menulis Disini dan Saat Ini) dan metode Ceramah pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Nur Rosidah_D01206245.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36152

Abstract

Salah satu strategi yang digunakan dalam pembelajaran adalah strategi Writing in The Here And Now (Menulis Disini Dan Saat ini). Strategi ini digunakan untuk membantu peserta didik merefleksikan pengalaman-pengalaman yang telah mereka alami sendiri. Dengan diterapkan strategi tersebut, diharapkan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan dan siswa mampu memahami materi pelajaran yang telah diajarkan. Karena dalam penggunaan strategi tersebut, siswa juga ikut berperan aktif. Atas dorongan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di SMPN 2 Tarik Sidoarjo. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain; Bagaimana penerapan strategi Writing in the here and now (menulis disini dan saat ini) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi kemampuan guru dan aktivitas siswa, Bagaimana hasil belajar siswa di SMPN 2 Tarik Sidoarjo, bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi writing in the here and now (menulis disini dan saat ini) bila dibandingkan dengan metode ceramah. Untuk metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Dan untuk metode analisisnya menggunakan analisis kuantitatif statistic parametric yaitu dengan menggunakan uji t (uji kesamaan dua rata-rata). Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola Writing in the here and now (menulis disini dan saat ini) diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola strategi Writing in the here and now selama dua kali pertemuan termasuk kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata selama dua kali pertemuan yaitu sebesar 3,5 yang berarti sesuai dengan rencana pembelajaran. Berdasarkan analisis aktivitas siswa selama mengikuti strategi Writing in the here and now (menulis disini dan saat ini) dapat diketahui bahwa aktivitas siswa tergolong aktif, hal ini sesuai dengan jumlah rata-rata sebesar 78,2 % sementara jumlah rata-rata aktivitas tidak aktif siswa selama dua kali pertemuan sebesar 21,8 %. Sedangkan hasil belajar siswa dalam strategi Writing in the here and now termasuk amat baik baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase ketercapaian skor post test siswa kelas eksperimen telah tercapai sebesar = 1,35 < 9,49 maka hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Writing in the here and now (menulis disini dan saat ini)lebih besar dibandingkan metod ceramah. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perbitungan uji t dengan hasil Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Eka Nur--D01206245
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmad--197005121995031002
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Keberhasilan belajar siswa; strategi belajar; metode Ceramah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2019 08:57
Last Modified: 15 Nov 2019 08:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/36152

Actions (login required)

View Item View Item